11.07: Hilang dan Ditemukan

Minggu, 11 Juli 2010

Baca: Lukas 15:1-7

Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. —Lukas 15:6

Ketika trofi Jules Rimet dicuri pada tahun 1966, terjadi kecemasan dan rasa frustrasi selama hampir seminggu ketika pihak yang berwenang mencarinya dengan usaha keras. Namun kemudian, dengan ajaib trofi Piala Dunia itu ditemukan oleh seekor anjing bernama Pickles! Setelah Inggris memenangi kejuaraan tahun itu mereka juga merayakan kembalinya trofi itu dan mengundang Pickles ke pesta tersebut. Pickles mendapat imbalan berupa izin untuk menjilati semua piring sampai bersih.

Yesus mengajar bahwa kita semua sebenarnya ada dalam situasi yang mirip dengan trofi yang terabaikan itu. Trofi itu dirancang dengan sebuah tujuan khusus. Ketika trofi itu tidak ada di tempatnya dan hilang, trofi itu sesungguhnya tidak berguna. Kita diciptakan Allah untuk hidup bersama-Nya dan menikmati pengenalan akan Dia. Ketika kita tidak melakukan hal tersebut, hidup kita akan selalu kekurangan damai dari-Nya.

Namun, Yesus menceritakan tentang seorang gembala yang mencari seekor dombanya yang hilang untuk memberikan gambaran tentang belas kasihan Allah dan kemampuan-Nya untuk membawa kita masuk dalam hubungan dengan-Nya. Sang gembala menantikan untuk dapat berkata, “Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan” (Luk. 15:6). Seperti ketika Inggris merayakan temuan Pickles, demikian juga seluruh surga akan bersukacita ketika kita kembali mengenal Allah. Allah sendirilah yang mencari kita dan menawarkan suatu hubungan yang sejati dengan-Nya. —Chris Wale

Yesus datang untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang.

“Kebahagiaan saya bukan berasal dari kesuksesan saya. Tidak ada seorang pun di dunia yang dapat memberi saya kebahagiaan itu. Kebahagiaan hanya dapat datang dari satu sumber, dan sumber itu adalah Allah.”
—Tim Howard (AS)


Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Yesus selalu mencari kita yang hilang, maka sudah seharusnya kita taat pada perintah-Nya 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *