Setiap Momen Berarti

Rabu, 20 Juni 2018

Setiap Momen Berarti

Baca: Filipi 1:12-24

1:12 Aku menghendaki, saudara-saudara, supaya kamu tahu, bahwa apa yang terjadi atasku ini justru telah menyebabkan kemajuan Injil,

1:13 sehingga telah jelas bagi seluruh istana dan semua orang lain, bahwa aku dipenjarakan karena Kristus.

1:14 Dan kebanyakan saudara dalam Tuhan telah beroleh kepercayaan karena pemenjaraanku untuk bertambah berani berkata-kata tentang firman Allah dengan tidak takut.

1:15 Ada orang yang memberitakan Kristus karena dengki dan perselisihan, tetapi ada pula yang memberitakan-Nya dengan maksud baik.

1:16 Mereka ini memberitakan Kristus karena kasih, sebab mereka tahu, bahwa aku ada di sini untuk membela Injil,

1:17 tetapi yang lain karena kepentingan sendiri dan dengan maksud yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperberat bebanku dalam penjara.

1:18 Tetapi tidak mengapa, sebab bagaimanapun juga, Kristus diberitakan, baik dengan maksud palsu maupun dengan jujur. Tentang hal itu aku bersukacita. Dan aku akan tetap bersukacita,

1:19 karena aku tahu, bahwa kesudahan semuanya ini ialah keselamatanku oleh doamu dan pertolongan Roh Yesus Kristus.

1:20 Sebab yang sangat kurindukan dan kuharapkan ialah bahwa aku dalam segala hal tidak akan beroleh malu, melainkan seperti sediakala, demikianpun sekarang, Kristus dengan nyata dimuliakan di dalam tubuhku, baik oleh hidupku, maupun oleh matiku.

1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

1:22 Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.

1:23 Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus—itu memang jauh lebih baik;

1:24 tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.

Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan. —Filipi 1:21

Setiap Momen Berarti

Ketika saya bertemu seorang wanita lanjut usia bernama Ada, ia telah hidup lebih lama dari semua sahabat dan kerabatnya. Ada kini tinggal di panti wreda. “Bagian tersulit dari bertambah tua,” katanya kepada saya, “adalah melihat satu demi satu kenalan kita berpulang dan meninggalkan kita.” Suatu hari saya bertanya kepada Ada apa yang membuatnya bertahan dan bagaimana ia mengisi waktunya. Ia menjawab dengan mengutip sebuah ayat Kitab Suci yang ditulis Rasul Paulus: “Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan” (Flp. 1:21). Kemudian ia berkata, “Selagi masih diberi napas, masih ada yang harus kulakukan. Jika kondisiku baik, aku bisa bercerita tentang Yesus kepada orang-orang di panti ini; jika kondisiku menurun, aku masih bisa berdoa.”

Penting untuk diketahui bahwa Paulus menulis surat kepada jemaat di Filipi saat ia berada di dalam penjara. Ia mengakui kenyataan yang dipahami oleh banyak orang Kristen menjelang kematian mereka: Sekalipun surga tampak begitu memikat, sisa masa hidup yang masih kita miliki di bumi sangatlah berarti bagi Allah.

Seperti Paulus, Ada menyadari bahwa setiap tarikan napasnya merupakan kesempatan untuk melayani dan memuliakan Allah. Jadi, Ada mengisi hari-harinya dengan mengasihi orang lain dan memperkenalkan mereka kepada Juruselamatnya.

Dalam momen-momen tergelap sekalipun, kita sebagai orang Kristen dapat berpegang pada janji bahwa kita akan menerima sukacita abadi bersama Allah di surga kelak. Namun, selama kita masih hidup, kita menikmati hubungan yang erat dengan-Nya. Dia menjadikan setiap momen dalam hidup kita berarti. —Randy Kilgore

Tuhan, berilah aku kekuatan untuk melayani-Mu dengan setiap tarikan napasku, supaya setiap momen dari sisa hidupku ini menjadi berarti bagi Kerajaan-Mu.

Ketika tiba waktunya Allah memanggil kita pulang, kiranya Dia menemukan kita sedang melayani-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: Ester 1-2; Kisah Para Rasul 5:1-21

Bagikan Konten Ini
31 replies
  1. Richard Yap Ritjab
    Richard Yap Ritjab says:

    Amiin Biar kiranya Tuhan dapati aku tetap setia…
    Sampai akhir ku menutup mata
    Ku tetap setia menanti janjiMu
    Sampai ku dapatkan mahkota kehidupanku
    Ku tetap setia
    Ku melayaniMu

  2. yohanes
    yohanes says:

    Biarlah kita bisa menyelesaikan pertandingan yg baik ini sampai akhir, Dan Tuhan menemukan kita tetap setia.
    2 Timotius 4:7-8 (TB)
    7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.
    8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

    ini kutipan alkitab Di Timotius dimana Paulus menulisnya Di saat saat akhir perjalanan imannya Dan telah menyelesaikan pertandingan yg baik.

    pertanyaannya apakah kita berada dlm pertandingan yg baik atau pertandingan yg buruk.. tangkap lebih Dalam lagi?!

  3. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik,semua yang terbaik telah Tuhan berikan kepada kami, tolong kami Tuhan merespon kebaikan MU itu dengan melakukan apa yang benar di hadapan Mu, sehingga ketika kami Engkau panggil kami sedang melayani Engkau.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn!

  4. Joshua Michael
    Joshua Michael says:

    Ya, Tuhanku
    Aku ingin tetap berada dalam naunganMu dan melayaniMu ketika Engkau datang menjemputku..
    Memang hidup tidaklah gampang, tapi aku mau mengandalkan Engkau senantiasa..
    Amin

  5. ien g
    ien g says:

    “Sekalipun surga tampak begitu memikat, sisa masa hidup yang masih kita miliki di bumi sangatlah berarti bagi Allah.”

  6. Mey Manullang
    Mey Manullang says:

    “Tetapi jika aku harus HIDUP di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah… “. Apakah hidup kita hari ini sdh bekerja memberi buah untuk Tuhan dan org” sekitar kita?
    Mari bersyukur untuk kesempatan “hidup” di dunia ini…

  7. veronika
    veronika says:

    dan selama hidupku ini aku ingin melayani mu Tuhan, ku ingin berkenan dihadapanMu, karna ku tau kasihMu besar bagiku. dan tidak satu pun allah lain yang kupercayai selain engaku, dan kiranya aku dipanggil saat aku melayani Mu. jesus bless

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *