Matahari Bersayap Dua

Info

Rabu, 11 Oktober 2017

Matahari Bersayap Dua

Baca: Yesaya 38:1-8

38:1 Pada hari-hari itu Hizkia jatuh sakit dan hampir mati. Lalu datanglah nabi Yesaya bin Amos dan berkata kepadanya: “Beginilah firman TUHAN: Sampaikanlah pesan terakhir kepada keluargamu, sebab engkau akan mati, tidak akan sembuh lagi.”

38:2 Lalu Hizkia memalingkan mukanya ke arah dinding dan ia berdoa kepada TUHAN.

38:3 Ia berkata: “Ah TUHAN, ingatlah kiranya, bahwa aku telah hidup di hadapan-Mu dengan setia dan dengan tulus hati dan bahwa aku telah melakukan apa yang baik di mata-Mu.” Kemudian menangislah Hizkia dengan sangat.

38:4 Maka berfirmanlah TUHAN kepada Yesaya:

38:5 “Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi,

38:6 dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur dan Aku akan memagari kota ini.

38:7 Inilah yang akan menjadi tanda bagimu dari TUHAN, bahwa TUHAN akan melakukan apa yang telah dijanjikan-Nya:

38:8 Sesungguhnya, bayang-bayang pada penunjuk matahari buatan Ahas akan Kubuat mundur ke belakang sepuluh tapak yang telah dijalaninya.” Maka pada penunjuk matahari itu mataharipun mundurlah ke belakang sepuluh tapak dari jarak yang telah dijalaninya.

Beginilah firman Tuhan . . . : Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. —Yesaya 38:5

Matahari Bersayap Dua

Selama lima tahun, sebuah stempel kuno yang terbuat dari tanah liat dibiarkan tersimpan dalam lemari di Institut Arkeologi Yerusalem. Stempel itu ditemukan dalam penggalian di bagian selatan dari tembok kota kuno Yerusalem. Namun, penelitian awal tidak berhasil menemukan arti penting dari benda yang berusia hampir 3.000 tahun tersebut. Di kemudian hari, seorang peneliti dengan cermat mengamati huruf-huruf yang tertera pada stempel itu dan menghasilkan penemuan besar. Inskripsi yang tertulis dalam bahasa Ibrani kuno itu menyatakan: “Milik Hizkia [bin] Ahas, Raja Yehuda.”

Di bagian tengah stempel itu terdapat gambar matahari bersayap dua yang dikelilingi dua gambar yang melambangkan kehidupan. Para arkeolog yang menemukan stempel itu meyakini bahwa Raja Hizkia mulai menggunakannya sebagai lambang perlindungan Allah setelah Allah menyembuhkan Hizkia dari penyakit yang nyaris merenggut nyawanya (Yes. 38:1-8). Hizkia memohon agar Tuhan menyembuhkannya dan doanya dijawab oleh Tuhan. Dia juga memberi Hizkia sebuah tanda yang menyatakan bahwa Dia pasti menepati janji-Nya. Tuhan berfirman, “Sesungguhnya, bayang-bayang pada penunjuk matahari buatan Ahas akan Kubuat mundur ke belakang sepuluh tapak yang telah dijalaninya” (ay.8).

Fakta-fakta yang terkait dengan artefak arkeologis tersebut mengingatkan sekaligus menguatkan kita bahwa umat di zaman Alkitab belajar untuk berseru kepada Tuhan yang mendengarkan ketika kita mohon pertolongan-Nya. Kita pun belajar hal yang sama. Sekalipun jawaban-Nya mungkin tidak sesuai dengan keinginan atau harapan kita, kita dapat tetap meyakini bahwa Allah sungguh penuh belas kasih dan berkuasa. Dia yang sanggup mengatur pergerakan matahari pasti juga sanggup menggerakkan hati kita. —Poh Fang Chia

Ya Allah, Engkau Mahabesar dan Mahakuasa, tetapi Engkau mau mempedulikanku. Tolonglah aku mempercayai kuasa dan kasih-Mu dan selalu mencari pertolongan-Mu.

Berserulah kepada Allah: Dia ingin mendengar seruanmu.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 37-38; Kolose 3

facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

35 Komentar Kamu

  • Timotius Yerioh Tanamal

    Terima kasih ata sharingnya, Sangat memberkati

  • Tuhan peduli.kepada setiap orang menaruh harap padaNya Amin

  • Amin,

  • Amin

  • Tresiaaurum Daldiri

    Amin

  • amin

  • Judiko Vasko Rajagukguk

    ????

  • Amin

  • Amen.
    yah saya percaya janji Tuhan

  • Patrecia Angraini Simatupang

    Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Amen..

  • Herwindo Bagus Saputro

    amin

  • setiap keluhan kita…
    ketika kTika berseRu dngan sGenap Hati…
    IA akan menJawab qta.

  • Dedy Sumitro Jaya Tambunan

    amin

  • Amin..Terpujilah Nama Tuhan..Haleluya..selamat pagi????

  • luar biasa ..
    Janji Tuhan tidak pernah terlambat

  • Amen. good morning 🙂

  • Marnala Brenda Meir Banurea

    Amin

  • Fika Pulyna Ginting

    amin

  • Dengarlah Doa ku Tuhan ,,,berilah aku Kesembuhan,,amin ,,!

  • Saya mau jelaskan arti stempel itu. Jadi saat Raja Hizkia terdesak oleh Raja Asyur yg bernama Sanherib dengan pasukannya. Raja Hizkia saat itu sangat terdesak, sehingga berdoalah dia minta perlindungan dari serbuan pasukan Asyur. Kemudian Tuhan memerintahkan panglima perang 12 pasukan malaikat untuk membantu Raja Hizkia, Panglima perang ini kedudukannya itu selain sebagai pemimpin pasukan malaikat juga sebagai “tangan kanan” Tuhan. Keluarlah Pasukan malaikat ini, kemudian membunuh seratus delapan puluh lima ribu pasukan Asyur yg terdapat di perkemahan Asyur. Untuk mencegah Raja Asyur yg baru yg bernama Esarhadon kembali menyerang Raja Hizkia maka Tuhan mengubah bayang-bayang matahari mundur ke belakang sepuluh tapak dari yg sebenarnya. Bayang-bayang matahari ini berguna sebagai penunjuk arah yg biasa digunakan bangsa Asyur untuk berperang dengan bangsa lainnya. Jadi ketika bangsa Asyur ingin menuju Yerusalem pada pemerintahan Raja Hizkia, maka pasukan Asyur tidak menemukan dan tersesat jalan kemudian akhirnya pulang gara-gara penunjuk matahari buatan Ahas sudah dikacaukan Tuhan perhitungan arahnya. Sebagai janji Tuhan selain mengubah bayang-bayang matahari, Tuhan juga memagari kota Yerusalem dengan pasukan malaikat. Inilah jawabnya kenapa stempel Raja Hizkia berbentuk matahari dan 2 buah sayap. Karena saat itu bayang-bayang matahari berubah sepuluh tapak dari yg sebenarnya kemudian ketika Raja Hizkia melihat ke atas terlihat pagar pasukan malaikat yg bersayap. Jadi matahari tertutup tubuh pasukan malaikat sehingga Raja Hizkia hanya melihat matahari dengan kiri kanan ada sayap pasukan malaikat. Stempel itu juga sebagai tanda janji Tuhan kepada Raja Hizkia makanya dibuat seperti itu sebagai pengingat kuasa Tuhan. Seperti itu sejarahnya kenapa stempel itu berbentuk matahari bersayap. Saya sebenarnya takjub artikel-artikel yg membahas sejarah bangsa israel begitu banyak, apa seluruh isi perjanjian lama yg isinya sejarah perjalanan bangsa israel dibahas semua. Menurut saya itu baik saja dan sah-sah saja mempelajari sejarah, tapi inti dari ajaran Kristus bagi bangsa non Israel ada di kitab perjanjian baru, ingat doktrin-doktrin Tuhan Yesus ada di perjanjian baru, itu saja di fokuskan dulu secara detail dapatkan iman yg berisi, ikuti ajaran berdoa yg diajarkan Bapa kami yg di sorga, cara beribadah, mengasihi sesama, serta mengasihi Tuhan Yesus. Semua itu terdapat di perjanjian baru termasuk cara hidup orang percaya, sebaiknya itu saja dulu di fokuskan pelajari karena tanpa tau sejarah nenek moyang bangsa israel pun orang Kristen bisa masuk sorga, tidak ada kewajiban orang kristen belajar sejarah. Tapi kalau orang kristen tidak tekun pelajari doktrin-doktrin Tuhan Yesus yg tertulis di perjanjian baru itu yg bisa buat orang masuk neraka. Semoga kita semakin bijaksana dalam mempelajari perintah Tuhan Yesus. Ingat hanya anak-anakNya yg mencari kerajaanNya dan kebenaranNya yg punya hak namanya tertulis di kitab kehidupan. Tuhan Yesus memberkati

  • Christian Kurniawan Santoso

    Maaf ya sdr. Dan sy ingin memberikan masukan nih atas argumenmu… Btw sebelumnya thanks ya atas informasi ttg konteks cap raja Hizkia.
    Sy kurang setuju dengan beberapa argumenmu yg mengatakan:
    1. Ajaran di PL kesan dr argumenmu hanya berupa sejarah bangsa Israel.

    Jawabannya Sbg org Kristen, seharusnya kt menerima PL dan PB adalah Firman Allah yg berotoritas, maka sudah seharusnya kt menerima PL jg sbg Firman Allah, kebenaran yg berotoritas. PL sebagai Firman yg Allah berikan kepada orang Israel saat itu dan pastinya juga berkaitan dengan ajaran Kristus di PB.
    Penggenapan PL yg adl karya Allah dlm kehidupan bangsa Israel seluruhnya akan digenapkan di dalam karya penebusan dan keselamatan oleh Yesus Kristus. Berarti PL dan PB adalah setara dan berotoritas sebagai Firman Tuhan, keduanya sama2 penting.

    2. Argumenmu yg terkesan menyatakan bahwa seseorang Kristen kalau masuk Surga bukan dengan belajar “sejarah org Israel” tp dengan fokus “dapatkan iman yg berisi, berdoa Bapa Kami, cara beribadah dan mengasihi Yesus dan sesama manusia”….. Argumen ini akhirnya terkesan bahwa keselamatan kt itu berdasarkan perbuatan kt.

    Jawaban: berdasarkan Yoh 3:16 dan Efesus 2 khususnya ayat 8-9 menunjukkan bahwa keselamatan kt hanyalah karena Anugerah Kasih Allah. Salah satu pengakuan hasil Reformasi gereja oleh Martin Luther bhw Justification by Grace through Faith, pembenaran kt dr org berdosa menjadi org2 yg diperdamaikan dgn Allah hanyalah kadena Anugerah Allah melalui iman, yg jg diberikan melalui Roh Kudus.
    Iman kt wujudkan mell respon ungkapan syukur kt yg kt berikan dlm seluruh aktifitas ritual kt, doa, ibadah hingga memberikan tubuh dan hidul kt sbg persembahan yg hidup, kudus dan berkenan (menyenangkan, memuliakan Allah).

    Kiranya jika mau menanggapi bisa email sy di ck.sttaa@gmail.com, Tuhan Yesus memberkati

  • @Christian Kurniawan Santoso Saya kurir pesan, saya tidak akan berdebat tentang doktrin yg Tuhan Yesus kehendaki. Buah dari iman yg berisi adalah perbuatan yg sesuai KehendakNya. Tanpa perbuatan iman itu kosong. Tuhan Yesus hanya berpesan biarlah orang yg bisa melihat bisa membaca, biarlah orang yg punya telinga bisa mendengar. Karena tidak semua manusia mau mengerti keinginan Tuhan Yesus, ajaran yg mereka ajarkan ajaran manusia. Jadi jangan heran sekalipun orang itu mengaku Kristen jika tidak punya iman yg berisi, sia-sia sudah iman kosongnya itu dibakar di neraka. Kerajaan Tuhan hanya akan diberikan kepada anak-anakNya yg mengasihiNya. Saya mohon maaf saya tidak akan berdebat tentang doktrin, saya hanya disuruh mempelajari doktrin-doktrin gereja yg ada di dunia kemudian memetakan mana yg sesuai kehendakNya mana yg sesuai kehendak manusia/Iblis. Saya juga tidak akan mempublikasikan doktrin-doktrin yg benar ataupun salah. Tuhan Yesus perintahkan biarkan saja seperti itu, karena hanya anak-anakNya yg mengerti kebenaran firmanNya saja yg memperoleh hidup yg kekal di sorga. Tapi bagi orang yg merasa pintar dengan buah pengetahuan saat di taman eden, perintah Tuhan biarkan saja mereka berbuat sesuka hati mereka. Hanya anak-anakNya yg mau belajar keinginanNya yg memperoleh tempat di sorga. Semoga ini menjadi jawaban yg memuaskan. Tuhan Yesus memberkati

  • amin, terpujilah nama Tuhan… mengingatkan kembali utk bersyukur bahwa hidup ini benar2 Tuhan yg berkuasa ????????

  • @Christian Kurniawan Santoso saya akan menjelaskan doktrin ini tapi bukan debat, karena pelayan Tuhan diwajibkan menjaga nama baik. Israel golongan bersunat itu wajib mengikuti hukum taurat. Jika non Israel juga mengikuti aturan taurat maka Kristus tidak ada lagi gunanya bagi orang non israel tersebut. Iman itu harus dengan perbuatan itu tertulis di Yakobus 2 : 24 Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. Saya buat perumpamaan tentang orang kaya yg menyatakan beriman kepada Kristus tapi kelakuannya tidak mencerminkan kasih Tuhan, korupsi, menipu juga menyiksa orang miskin. Apakah orang kaya ini diselamatkan hanya mengakui Tuhan itu Yesus? sedangkan kelakuannya ajaran iblis. Yakobus 2 : 26 Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati. Misalnya orang kaya di atas punya iman percaya Tuhan, tapi ketika Tuhan Yesus memintanya untuk melayani Tuhan dengan kekayaannya, orang kaya ini menolak dan berat melepaskan hartanya untuk mengikuti Kristus. Sedangkan ada orang miskin yg menemukan orang kelelahan di jalan, orang miskin ini menjamu orang yg kelelahan ini dirumahnya dengan makanan dan minuman. Menurut Tuhan Yesus iman orang kaya ini mati, sangat keras Tuhan Yesus berkata hai manusia bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yg kosong? iman yg kosong ini akan dibakar di neraka bersama pengikut iblis. Itulah penyebabnya kenapa orang kaya sulit masuk sorga dibandingkan orang miskin. Anti Kristus akan lahir dari doktrin aliran gereja yg mengubah doktrin Tuhan Yesus yg tertulis di Alkitab/Bible. Anti Kristus bisa dilihat dari cara mereka berdoa, beribadah serta konsep doktrin yg mereka percayai. Mereka adalah anti Kristus yg mengikuti ajaran manusia. Saya tidak boleh jelaskan lebih detail lagi karena anti Kristus harus hidup begitu juga dengan kiamat harus terjadi. Saya tidak diijinkan berdebat karena ada nama baik yg harus saya jaga, setiap kelakuan saya itu diperhatikan setiap ucapan saya di jaga. Tentang Email itu ada 1,5 milyar penduduk dunia yg menyatakan dirinya Kristen tidak mungkin saya layani emailnya satu-satu juga saya tidak adil ketika hanya satu email saja yg saya jelaskan tentang doktrin Tuhan Yesus sedangkan ada 1,5 milyar email lagi yg minta keadilan diperlakukan sama. Saya hanya pelayan Tuhan, saya ditugaskan untuk mempersiapkan segala kepentingan Tuhan Yesus di dunia, karena waktu Tuhan Yesus untuk datang kedua kalinya sedang dipersiapkan, saya mempelajari banyak doktrin tujuannya Tuhan Yesus akan panen iman berisi, saya hanya memastikan dimana lumbung-lumbung iman yg benar berada, jadi saya pelajari doktrin bukan untuk dijelaskan untuk manusia, tapi untuk kepentinganNya di dunia. Saya hanya kurir pesan, Raja saya di Sorga berikan doktrin ini, kalau ada yg menerima Puji Tuhan, tapi jika ada yg bebal silahkan cari tuhan yg lain. Saya juga menghindari di Banned dari admin warungsatekamu ada aturan tidak boleh debat yg merendahkan orang lain, jadi saya tidak melayani debat. Semoga penjelasan ini membuat siapapun yg membacanya semakin memiliki iman yg sempurna, iman dengan perbuatan, iman yg berisi sesuai dengan yg Tuhan Yesus kehendaki.

    @Sulinda Manik Tuhan Yesus selalu mendengarkan doa anak-anakNya yg mengasihiNya. Tetaplah berharap dan berdoa, dengan iman yg berisi segala penyakit bisa disembuhkan. Tuhan Yesus berjanji akan menjawab doa anak-anakNya. Amin

  • terimakasih Tuhan

  • thanks atas renungannya

  • Yenny Indrastuti Siti Poerwanti

    Amin

  • Tuhan Yesus sdh menyediakan bagi kita mujizat didalam hidup kita masing2…bagian kita berseru dan berharap padaNya dengan hati yang hancur dan sungguh2.

  • Beliam Jefman Coloay Jefila

    terima kasih atas renungan yang membuat saya mengerti dan belajar.
    Tuhan sungguh sangat berdaulat dan mau mengasihi kita yang percaya dan yakin kasih Tuhan tidak ada batasnya…
    rengannya sangat memberkati saya…

Bagikan Komentar Kamu!