Yuk Belajar dari 5 Pasangan di dalam Alkitab yang Takut akan Allah

Oleh M. Tiong, Malaysia
Artikel asli dalam bahasa Mandarin: 从圣经中的5对夫妇看上帝的感情观(有声中文)

Dulu, aku pikir oke-oke saja untuk berpacaran selama aku merasa cinta. Aku tidak sadar bahwa sebelum aku berpacaran, seharusnya aku mendoakannya terlebih dahulu kepada Allah.

Dulu, aku pikir ketika perasaan cinta itu pudar, maka itulah saatnya untuk putus. Aku tidak sadar bahwa sebuah hubungan itu perlu dipelihara.

Mulai dari cinta monyet semasa sekolah, berpacaran semasa kuliah, hingga kembali jomblo setelah lulus, aku telah merasakan perjalanan emosional yang berliku-liku. Aku sampai pada sebuah titik di mana aku merasa sepertinya Allah sudah tidak lagi mengasihiku. Mengapa orang lain bisa berhasil dalam membangun hubungan mereka, sedangkan aku terus gagal? Dan mengapa akhirnya bukan hanya aku yang sakit hati, tapi aku juga membuat mantan-mantan pasanganku sakit hati? Padahal, aku sudah serius dalam menjalin hubungan.

Setelah sekian lama, aku baru sadar bahwa selama ini aku hanya memandang hubungan itu dari kacamataku sendiri. Ketika aku merasa cinta dengan seseorang, tanpa pikir panjang aku langsung berpacaran dengannya, karena aku menyangka perasaan itu berasal dari “Roh Kudus”. Namun, tanpa pikir panjang pula aku akhiri hubunganku ketika berbagai masalah membuatku lelah secara jasmani dan rohani. Dengan seenaknya sendiri aku menganggap bahwa berbagai masalah itu adalah tanda bahwa kami harus putus. Begitulah aku akhirnya putus dengan mantan-mantan pacarku.

Berbagai film dan tayangan televisi mengajak kita untuk mengandalkan perasaan kita sendiri. Kita diajak untuk mengejar hubungan-hubungan yang romantis, menyenangkan, dan luar biasa. Lalu, ketika segala perasaan cinta ini sirna, mereka mengatakan bahwa itulah saatnya untuk mengakhiri hubungan. Tapi, benarkah itu? Apa kata Alkitab tentang hal ini?

Suatu hari, sebuah pikiran terlintas di kepalaku: Mengapa kita tidak belajar dari pernikahan-pernikahan kudus di dalam Alkitab untuk mencari tahu pemikiran Allah?

Izinkanlah aku membagikan apa yang aku pelajari dari lima pasangan yang ada di dalam Alkitab berikut ini.

1. Ishak dan Ribka:
· Doakanlah pernikahanmu.
· Cinta bukanlah hanya sebuah perasaan, tapi juga sebuah komitmen yang penting.

Ribka adalah seorang perempuan yang berasal dari suku yang sama dengan Abraham. Dia dipilih oleh hamba Abraham untuk menjadi istri bagi Ishak (putra Abraham) setelah sang hamba menanyakannya kepada Allah di dalam doa. Di sini aku melihat sebuah prinsip yang sangat penting untuk sebuah hubungan: pilihlah seorang pasangan di antara orang-orang percaya. Memilih pasangan itu bukan secara acak ataupun hanya berdasarkan perasaan saja, tapi haruslah berdasarkan doa yang dilakukan dengan setia. Apabila kita memilih bersama dengan orang-orang yang belum percaya, kita akan menghadapi perbedaan prinsip dan kepercayaan, atau lebih parahnya lagi, bisa saja kita jadi mengikuti tradisi kepercayaan mereka dan meninggalkan Allah dan ajaran-Nya.

Hal kedua yang aku pelajari dari hubungan Ishak dan Ribka adalah ini: cinta adalah sebuah keputusan. Meskipun Ishak dan Ribka belum pernah bertemu sebelumnya, mereka dapat saling mencintai sepanjang hidup mereka. Pada zaman itu, cukup umum bagi laki-laki untuk memiliki lebih dari seorang istri. Tapi, Ishak memilih untuk menghabiskan hidupnya hanya dengan Ribka seorang. Hubungan pernikahan mereka menunjukkan pada kita bahwa saat kamu memutuskan untuk mencintai seseorang dan mengikatnya dengan janji suci, kita dapat percaya bahwa Allah akan terus memampukan kita untuk terus mencintai satu sama lain hingga pada akhirnya, bahkan ketika berbagai kesulitan muncul di dalam pernikahan.

2. Boas dan Rut:
· Dengarlah nasihat orang-orang yang lebih dewasa.
· Bagaimanapun masa lalumu, percayalah bahwa Allah selalu menerimamu.

Rut adalah seorang asing di antara bangsa Yahudi, dan juga seorang janda. Meskipun demikian, dia mengasihi ibu mertuanya, Naomi. Rut menaati nasihat Naomi untuk mendekati Boas. Lalu, seperti yang kita tahu, pada akhirnya kisah Rut, Boas, dan Naomi berakhir dengan bahagia. Dari kisah ini, aku belajar bahwa Allah tidak memandang rendah seseorang, apapun latar belakangnya. Yang Allah pedulikan adalah hati kita. Rut memilih untuk percaya kepada Allah—Allah yang sama yang kepada-Nya ibu mertuanya percaya. Dia juga taat kepada ibu mertuanya yang lebih dewasa ini, sehingga pada akhirnya Rut menjadi seorang yang diberkati Allah, dan bahkan namanya pun tercantum dalam silsilah Yesus.

Dulu, aku berpikir bahwa Allah hanya memberkati hubungan mereka yang menikah dengan pacar pertama mereka. Namun ternyata tidak demikian. Allah menerima kita, tidak peduli seperti apa masa lalu kita. Menariknya lagi, dari kisah Rut dan Boas aku belajar bahwa tidak selalu perempuan harus menunggu laki-laki untuk memulai suatu hubungan. Kadang, perempuan juga dapat memberikan tanda-tanda (yang pantas dan di waktu yang tepat) kepada laki-laki yang “lebih pasif”. Tentunya dengan catatan bahwa segala tindakan itu sesuai dengan kehendak Allah. Bagi laki-laki, mereka harus memikirkan matang-matang dan juga meminta nasihat saudara seiman yang lebih dewasa sebelum mendekati seorang perempuan.

3. Yusuf dan Maria:
· Cinta harus dibuktikan dengan tindakan.
· Kita dapat menyelesaikan pekerjaan Allah bersama-sama dengan cara menaati-Nya dan takut akan Dia.

Ketika Maria mengandung Yesus dari Roh Kudus, Yusuf menghindari untuk menceraikan Maria secara terang-terangan demi menjaga nama baik dan keselamatan Maria. Pada masa itu, apabila seorang perempuan melakukan zina dengan laki-laki lain yang bukan pasangannya, pasangannya itu berhak untuk menceraikan dia secara terang-terangan dan sang perempuan akan dirajam sampai mati. Namun, Yusuf tidak melakukan hal itu karena dia mencintai Maria dan takut akan Allah. Maria juga adalah seorang perempuan yang takut akan Allah, dan bersedia menanggung risiko dari mengandung Yesus.

Mencintai seseorang harus dibuktikan dengan tindakan. Yusuf membuktikan cintanya kepada Maria dengan cara menghormati, melindungi, dan menikahinya. Ketika orang-orang jahat mencari-cari mereka untuk membunuh bayi Yesus, mereka saling menopang melewati segala tantangan. Yusuf dan Maria adalah contoh pasangan yang takut akan Allah, yang bersama melewati masa-masa suka dan duka. Semuanya itu mereka lakukan bagi Allah. Betapa indahnya memiliki pasangan yang seiman dan yang dapat menjaga komitmennya terhadap Kristus dan terhadap pasangannya.

4. Akwila dan Priskila:
· Jadilah pasangan yang berkomitmen kepada Kristus.
· Bangunlah keluarga dengan Kristus sebagai kepalanya, dan berikan segala yang kamu miliki bagi Kerajaan Allah.

Meskipun pasangan ini tidak seterkenal pasangan-pasangan lain yang telah kita bahas sebelumnya, aku sungguh mengagumi komitmen mereka kepada Allah. Meskipun mereka sibuk bekerja, mereka selalu dengan hangat menyambut pelayan-pelayan Allah seperti Paulus dan Apolos (Kisah Para Rasul 18). Mereka membuka pintu rumah mereka untuk dipakai menjadi tempat pertemuan (1 Korintus 16) dan secara aktif mengejar segala kesempatan untuk memperluas Kerajaan Allah.

Allah tidak hanya ingin keluarga-keluarga diselamatkan, tapi juga melayani-Nya. Memberikan rumah kita untuk dijadikan tempat pertemuan tidak hanya membutuhkan uang, tapi juga waktu dan tenaga. Di sini kita melihat sebuah contoh pelayanan yang dilakukan oleh keluarga awam, yang merupakan wujud nyata dari ayat Alkitab berikut ini: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu” (Matius 22:37), dan “Tetapi aku dan seisi rumahku, kami akan beribadah kepada TUHAN!” (Yosua 24:15).

Selain itu, dua lebih baik daripada satu. Selain dapat saling berbagi suka-duka kehidupan, sebuah pasangan dapat saling mendoakan, melayani Allah, dan melayani sesama bersama-sama. Ini adalah sebuah gambaran yang sangat indah. Ketika aku menyaksikan sendiri bagaimana tidak enaknya melihat pasangan yang tidak sepadan—yang seorang antusias melayani Allah, namun yang seorang lagi tidak—aku jadi semakin sadar akan betapa pentingnya doa dalam proses mencari seorang pasangan yang sepadan dengan kita. Hanya pasangan yang sepadan saja yang dapat membangun sebuah keluarga dengan Kristus sebagai kepalanya.

5. Zakharia dan Elisabet:
· Setialah berdoa dan sabarlah menunggu waktu Allah.
· Berserahlah penuh kepada kehendak Allah dengan penuh kerendahan hati.

Menurut Lukas 1, Zakharia dan Elisabet adalah pasangan yang tetap setia melayani Allah meskipun usia mereka telah lanjut. Secara khusus, aku mengingat kisah ketika Zakharia menjabat sebagai imam dan malaikat Allah datang kepadanya dan memberitahunya bahwa doanya sudah dijawab: Allah akan mengaruniakannya seorang anak. Kisah ini mengingatkanku bahwa Allah selalu mendengar doa-doa kita. Namun, bagaimana Allah menjawabnya adalah tergantung kepada kehendak-Nya.

Dalam kisah ini, kita juga melihat kelemahan Zakharia dan Elisabet. Zakharia menjadi bisu untuk sementara waktu karena kurang percaya, dan Elisabet juga takut untuk menceritakan kepada orang lain tentang kehamilannya. Namun, meskipun mereka memiliki kelemahan, itu tidak menjadi hambatan bagi Allah untuk memakai mereka untuk menggenapi rencana-Nya. Ketika bayi mereka lahir, mereka menaati Allah dan menamai bayi itu Yohanes. Setelah berdoa bertahun-tahun untuk memiliki anak, Zakharia dan Elisabet rela memberikan anak mereka bagi pekerjaan Allah, dan taat kepada Allah dalam memberikan nama bagi anak mereka. Penyerahan diri seperti itulah yang perlu aku pelajari.

* * *

Kelima pasangan ini memiliki kelemahan mereka masing-masing, namun ada satu persamaan yang mereka miliki: masing-masing dari mereka takut akan Allah dan taat kepada Allah. Teladan Akwila dan Priskila secara khusus mengingatkanku untuk terus melayani Allah kapan saja dan di mana saja.

Alkitab memiliki banyak contoh lain yang dapat mengajari kita tentang sebuah hubungan. Lima pasangan yang aku sebutkan di atas hanyalah beberapa saja dari sekian banyak itu, tapi kelima pasangan inilah yang begitu menyentuhku secara pribadi. Lewat mempelajari kisah-kisah kehidupan mereka, aku dapat menjadi lebih baik dalam menghadapi perasaan tidak aman yang diakibatkan hubungan-hubunganku di masa lalu. Kelima pasangan ini juga yang menginspirasiku untuk membangun hubungan yang berkenan kepada Allah dan membantuku untuk memfokuskan kembali pandanganku kepada Allah. Aku harap apa yang aku pelajari tentang hubungan dari kelima pasangan ini juga dapat bermanfaat bagimu dalam menjalin hubunganmu.

Baca Juga:

Ketika Malam Tirakatan Mengajariku Cara untuk Mencintai Indonesia

Satu hari menjelang peringatan hari kemerdekaan, lingkungan tempat tinggalku selalu mengadakan acara tirakatan—sebuah acara untuk merenungkan dan merefleksikan kembali makna kemerdekaan Indonesia. Di acara malam tirakatan, seluruh warga, tak peduli apapun latar belakangnya bersatu padu mensyukuri dan merayakan kemerdekaan Indonesia.

Bagikan Konten Ini
29 replies
  1. Jenivee
    Jenivee says:

    malam.. ini gak nyambung sama artikel ini.. tp brhubung tadi akunya selesai bible reading dan iseng ngecek artikel baru di WarSet.. aku mau tanya ni sama Admin.. mungkin ajah lebih tau drpd aku.
    tadi sempet baca 1 Samuel 31 perikop SAUL MATI.
    yang jadi pertanyaanku..
    1. Saul itu Raja org Israel, orang yg di urapi Tuhan tp kenapa Tuhan biarin dia matinya ngenes banget yah?
    2. Setelah di pilih dan di urapi Tuhan knp Tuhan tinggalin Saul?
    pokoknya Kitab 1 Samuel buat saya gemezz bacanya ?

    bantu Saya mikir yah.. Buntu gak dapat jawabannya kl dipikir sendiri Min…. Terimakasih, Tuhan Yesus memberkati

  2. Gee
    Gee says:

    Dear Jenivee,
    Gk kebetulan nih saya liat komen kamu.
    Kalo kamu baca lagi bagaimana saul bisa digantikan oleh daud, kamu bakalan tau jawabannya. Saul memang orang yang dipilih oleh Tuhan untuk menjadi raja pertama bangsa israel, namun karena ketidaktaatannya kepada Tuhan (menyembah berhala dsb), Tuhan pun menyesal telah memilih Saul. Tuhan pun mengatakan kepada Saul bahwa kerajaan akan berpindah dari tangannya, ke tangan Daud. Ditambah lagi karena kecemburuannya terhadap Daud yang diurapi Tuhan untuk menjadi raja bangsa israel menggantikannya, Saul pun melakukan berbagai cara untuk membunuh Daud. Jadi, bukannya Tuhan tidak mengasihi Saul, tapi kita juga perlu ingat bahwa Tuhan itu adil dan Dia membalas kesalahan orang setimpal dengan perbuatannya.
    Oh iya, jawaban no.2. Bukan Tuhan yang ninggalin Saul, tapi Saul yang meninggalkan Tuhan karena telah melanggar perjanjiannya dengan Tuhan. Tuhan tidak pernah ninggalin kita, tapi kitalah yang meninggalkan Dia dengan berbuat dosa yang jelas2 gk akan bisa menyatu dengan Dia yang adalah kudus. 🙂

  3. Hizkia Estu
    Hizkia Estu says:

    Artikel yg memberkati…
    cocok untuk muda mudi skrg yg msh labil… termasuk saya, hehehe

    untuk kak Jenivee…
    semua tindakan Tuhan pasti ada alasannya… boleh kakak baca di 1 samuel 15 ttg Saul yg tdk mau taat ke Tuhan… dan dia raja, jd teladan, kalau raja sj tdk mau taat, maka rakyatnya pasti jg bs terdorong berbuat dosa… sekian kak… God bless us…

  4. Diana
    Diana says:

    Apa artikel ini ada dlm bhs Inggris juga?
    Saya ingin share-kan ke teman2 krn artikel ini akan memberkati mereka juga. Thanks.

  5. Dan
    Dan says:

    @jenivee JawabanNya adalah iman Saul saat itu telah mati. Saat Saul memanggil Tuhan, Tuhan tidak mendengarnya karena kunci komunikasi Tuhan dengan manusia adalah iman. Jika iman itu telah mati dan kuasa dosa telah hidup di dalam diri manusia, doa sebanyak apapun itu adalah sia-sia. Tuhan akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, begitu juga Tuhan akan membalas setiap penghianatan dengan dibakar di neraka. Saul ditolak Tuhan jadi Raja Israel. Saul telah berdosa dengan melangkahi titah Tuhan karena Saul lebih menakuti dan menuruti apa kata rakyatnya daripada perintah Tuhan. Tuhan tidak pernah meninggalkan umatnya, tapi manusialah yg meninggalkan Tuhan. Saat Adam jatuh kedalam dosa, manusia pertama yg meninggalkan Tuhan dengan penghianatannya, jika manusia pertama tidak jatuh ke dalam dosa, kita tidak akan mengenal penderitaan persalinan, kita tidak akan mengenal penderitaan saat kematian. Itu semua karena manusia tidak menuruti perintah Tuhan, dosa yg berkuasa atas dirinya. Awalnya manusia direncanakan tinggal di taman eden karena tubuh manusia berasal dari tanah tidak abadi, setelah itu dengan kuasa Tuhan roh manusia diangkat ke Surga, tapi manusia berkomplot dengan iblis, melawan Tuhan, inilah dosa yg pertama. Dosa inilah yg membuat seluruh keturunan manusia pertama dijatuhkan ke bumi beserta kuasa dosa. Sebenarnya Alkitab perjanjian lama hanya cerita perjalanan bangsa Israel, jika ingin mengetahuinya boleh saja, tapi inti dari ajaran Kristen kepada bangsa-bangsa tidak bersunat atau non israel ada di dalam perjanjian baru. Tuhan Yesus menggenapi janji keselamatan di perjanjian baru kepada bangsa non israel, jadi sebaiknya kitapun harus hidup dengan aturan dan perintah Tuhan Yesus yg terdapat di dalam perjanjian baru. Tuhan Yesus memberkati

  6. Agnes maryam
    Agnes maryam says:

    So blessed..
    Bagi kami yg in relationship.
    Tp jg mau belajar mencari Tuhan. Menempatkan Tuhan dalam hubungan kami.
    Terimakasih karena sangat menguatkan dan mengingatkan. Gb

  7. Chitra Badudu
    Chitra Badudu says:

    Halo Jenivee…,
    Saya ingin menanggapi pertanyaan Jenivee, bukan menjawab…???? karena jawaban yang lengkap pada waktunya nanti akan Jenivee dapat sendiri, dengna petunjuk-Nya. Kita manusia sering berpikir seperti itu, itu tidak salah, itulah yang membuktikan bahwa kita manusia yang kemampuan berpikirnya sangat terbatas. Logika membuat kita berpikir “kalau begitu harusnya begini, atau, kalau begini harusnya begitu”. Itulah kita, manusia. Tetapi, syukur kepada ALLAH karena selama kita mencari jawaban yang benar, pasti ALLAH akan mengarahkan kita ke sana.
    Saya ingin membagi kepada Jenivee, apa yang saya dapat beberapa hari lalu, mungkin bisa sedikit melengkapi.
    Siapakah ynaa

  8. Betti Damaris Panjaitan
    Betti Damaris Panjaitan says:

    Saya mau jawab pertanyaan jenivee.
    Kenapa Allah kesan nya seperti meninggalkan Saul?
    Padahal Allah sendiri yg memilih Saul?
    Jawab nya sebenar nya sudah ada di dalam kitab Samuel itu sendiri.
    Jawaban nya, walau pun Saul dipilih Allah menjadi raja, tp bukan berarti Saul jd seenak nya melakukan apapun karna dia sudah jd raja.
    Harus nya dia tetap melakukan apapun atas perintah dan petunjuk Tuhan.
    Bertanya kepada Tuhan, bukan kepada paranormal/dukun yg ada saat itu.
    Itu kesalahan Saul.
    Karna kita tau sendiri, bahwa Allah kita tidak suka diduakan.
    Itu jawaban nya.
    Terima
    God bless

  9. Erick
    Erick says:

    Saul raja yg diawal.diurapi Tuhan ttpi.mana kala saul melakukan kesalahan saul tdk berubah dan menyesal ttpi saul mencari penolong2 lain diluar Tuhan bahkan mencari peramal untuk mencari tahu apa keinginan kehendak Tuhan dgn lewat arwah nabi samuel yg Tuhan tdk ijinkan bagi bangsa israel

  10. Rohtuah
    Rohtuah says:

    Saya mau bertanya,ketika suatu hubungan pacaran itu telah jatuh kedalam dosa,apa masih mungkin Tuhan mempersatukan hubungan itu?

  11. Anselia Grace Siagian
    Anselia Grace Siagian says:

    Dear Rohtuah,

    Sebagaia manusia penuh dengan kekarangan mungkin seringkali kita jatuh kedalam hal hal yg buruk bahkan dalam menjalin sebuah hubungan apalagi pacaran …kalo menurut Rohtuah apa arti pacaran ??

    Jika kita sudah jatuh ke dalam suatu perbuatan dosa yg harus kita lakukan cuma satu yaitu bertobat dan minta ampun sama Tuhan dan kalo aku rasa jika kita mau kembali kepada Kasih yg semula Tuhan akan kembali menganluni kita asal dengan janji tidak melakukan kesalahan yg sama di lain hari
    Kalo pertanyaan yg Roh tuah sampaikan aku mau bilang kalo dosa tidak bisa bersatu dengan Roh Kudus jadi semestinya itu tegantung kepada individu kita

    Semoga sarannya dapat memotivasi yaa:)
    Tetap semangat !!
    Tuhan Yesus Memberkati 😁😁

  12. John 888
    John 888 says:

    Hallo Jenivee,

    ttg Saul knp Tuhan marah sekali dan membiarkan dia sampai mati dg tragis,
    1) Allah kita adalah allah yg cemburu, jd semua bentuk penyembahan berhala dan mendatangi peramal2 itu dibenci tuhan…shg roh allah meninggalkan Saul. Kalau Sail bertobat dan mengampuni Daud tuhan tdk akan meninggalkan Saul. Kmu bs baca di 2 Raja raja 17 seluruh pasal. Pada 2 raja2 17 : 17 ttg Peramal peramal jg disebutkan.

    𝑰𝒎 𝟐𝟎:𝟔
    𝑶𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒓𝒑𝒂𝒍𝒊𝒏𝒈 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒂𝒓𝒘𝒂𝒉 𝒂𝒕𝒂𝒖 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒓𝒐𝒉-𝒓𝒐𝒉 𝒑𝒆𝒓𝒂𝒎𝒂𝒍, 𝒚𝒂𝒌𝒏𝒊 𝒚𝒂𝒏𝒈 𝒃𝒆𝒓𝒛𝒊𝒏𝒂𝒉 𝒅𝒆𝒏𝒈𝒂𝒏 𝒃𝒆𝒓𝒕𝒂𝒏𝒚𝒂 𝒌𝒆𝒑𝒂𝒅𝒂 𝒎𝒆𝒓𝒆𝒌𝒂, 𝑨𝒌𝒖 𝒔𝒆𝒏𝒅𝒊𝒓𝒊 𝒂𝒌𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒏𝒆𝒏𝒕𝒂𝒏𝒈 𝒐𝒓𝒂𝒏𝒈 𝒊𝒕𝒖 𝒅𝒂𝒏 𝒎𝒆𝒍𝒆𝒏𝒚𝒂𝒑𝒌𝒂𝒏 𝒅𝒊𝒂 𝒅𝒂𝒓𝒊 𝒕𝒆𝒏𝒈𝒂𝒉-𝒕𝒆𝒏𝒈𝒂𝒉 𝒃𝒂𝒏𝒈𝒔𝒂𝒏𝒚𝒂.
    Ulangan 18:10-12
    Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki-laki atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir,
    seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati.
    Sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu.

    Kalau Saul berbalik kpd Tuhan dan minta ampun tuhan akan mengampuni spt di 𝐘𝐮𝐧𝐮𝐬 𝟑:𝟏-𝟏𝟎

    Lihat juga Daud berdosa dan minta ampun kpd tuhan di 𝟐 𝐒𝐚𝐦𝐮𝐞𝐥 𝟏𝟐:𝟏- 𝟐𝟓, dia tdk dilenyapkan tuhan tetapi tetap dihukum tuhan. Hukuman tetap ada tapi kamu diampuni. Saul tdk menyesal dan minta ampun tp malah ke petenun dan peramal lwt arwah arwah.

    God bless You/Gottes Segen/El dios te bendiga/Tuhan berkati
    Salam kasih
    John Germany

  13. John 888
    John 888 says:

    Hallo Rohtuah,

    Kamu mst melepaskan hub tsb. dan minta ampun dulu kpd tuhan, trs tanya sama tuhan apa dia itu pasangan hidup yg dipersiapkan tuhan utkmu. Kalau bukan hrs berani putus dan minta tunjuk kpd tuhan pasangan yg sdh dipersiapkan tuhan utkmu. Mngkin butuh waktu utk yg dpt benar2 pasangan dr tuhan tapi hrs pisah dulu dg pasanganmu yg skrg. Kalu mmg dia itu pasanganmu apalagi sdh berzinah dg dia. ya kmu ambil keputusan utk menikah dg dia. tapi juga hrs minta peneguhan dr tuhan lwt penatua gereja atau pembimbing rohanimu. Bnyk di alkitab ttg dosa perzinahan.

    God bless you/Tuhan berkati/el dios te bendiga/Gottes Segen wünsche ich dir/
    John Germany

  14. Yohana lili bibi Sono Harianto Wibi sono
    Yohana lili bibi Sono Harianto Wibi sono says:

    Pasangan hidup kekristenan seiman dan seimbang dan roh takut akan tuhan

  15. Yohana lili bibi Sono Harianto Wibi sono
    Yohana lili bibi Sono Harianto Wibi sono says:

    Pak apakah ada pasangan hidup kekristenan seiman dan seimbang dan roh takut akan tuhan

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *