Tidak Mendapat Pujian?

Minggu, 23 Juli 2017

Tidak Mendapat Pujian?

Baca: Kolose 4:7-18

4:7 Semua hal ihwalku akan diberitahukan kepada kamu oleh Tikhikus, saudara kita yang kekasih, hamba yang setia dan kawan pelayan dalam Tuhan.

4:8 Ia kusuruh kepadamu dengan maksud, supaya kamu tahu akan hal ihwal kami dan supaya ia menghibur hatimu.

4:9 Ia kusuruh bersama-sama dengan Onesimus, saudara kita yang setia dan yang kekasih, seorang dari antaramu. Mereka akan memberitahukan kepadamu segala sesuatu yang terjadi di sini.

4:10 Salam kepada kamu dari Aristarkhus, temanku sepenjara dan dari Markus, kemenakan Barnabas—tentang dia kamu telah menerima pesan; terimalah dia, apabila dia datang kepadamu—

4:11 dan dari Yesus, yang dinamai Yustus. Hanya ketiga orang ini dari antara mereka yang bersunat yang menjadi temanku sekerja untuk Kerajaan Allah; mereka itu telah menjadi penghibur bagiku.

4:12 Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah.

4:13 Sebab aku dapat memberi kesaksian tentang dia, bahwa ia sangat bersusah payah untuk kamu dan untuk mereka yang di Laodikia dan Hierapolis.

4:14 Salam kepadamu dari tabib Lukas yang kekasih dan dari Demas.

4:15 Sampaikan salam kami kepada saudara-saudara di Laodikia; juga kepada Nimfa dan jemaat yang ada di rumahnya.

4:16 Dan bilamana surat ini telah dibacakan di antara kamu, usahakanlah, supaya dibacakan juga di jemaat Laodikia dan supaya surat yang untuk Laodikia dibacakan juga kepadamu.

4:17 Dan sampaikanlah kepada Arkhipus: Perhatikanlah, supaya pelayanan yang kauterima dalam Tuhan kaujalankan sepenuhnya.

4:18 Salam dari padaku, Paulus. Salam ini kutulis dengan tanganku sendiri. Ingatlah akan belengguku. Kasih karunia menyertai kamu.

Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga. —Matius 5:16

Tidak Mendapat Pujian?

Film-film musikal Hollywood sangat populer selama dekade 1950-an dan 1960-an, dan tiga aktris khususnya—Audrey Hepburn, Natalie Wood, dan Deborah Kerr—begitu memukau penonton dengan penampilan mereka yang mengagumkan. Namun, salah satu faktor terbesar yang membuat ketiga aktris itu disukai adalah nyanyian luar biasa yang memperkuat akting mereka. Sebenarnya kesuksesan film-film klasik itu diraih berkat bantuan Marni Nixon, yang mengisi nyanyian dari setiap aktris tersebut. Untuk jangka waktu yang lama, Nixon sempat tidak mendapat pujian atas kontribusinya yang sangat penting tersebut.

Dalam tubuh Kristus, sering ada orang-orang yang dengan setia mendukung orang lain yang tampil dalam pelayanan di depan umum. Rasul Paulus sangat bergantung kepada orang-orang seperti itu dalam pelayanannya. Pekerjaan Tertius sebagai penulis memberi Paulus gaya tulisan yang penuh kuasa (Rm. 16:22). Doa-doa yang konsisten dari Epafras yang berada di balik layar menjadi dasar yang kuat bagi pelayanan Paulus dan gereja mula-mula (Kol. 4:12-13). Lidia dengan murah hati membuka rumahnya ketika Paulus yang kelelahan membutuhkan pemulihan (Kis. 16:15). Pekerjaan Paulus tidak akan pernah terwujud tanpa dukungan dari rekan-rekan sepelayanannya dalam Kristus (Kol. 4:7-18).

Kita mungkin tidak selalu mendapatkan peran yang menonjol dan terlihat oleh orang banyak, tetapi kita tahu bahwa Allah disenangkan ketika kita taat menjalani peran penting kita dalam rencana-Nya. Ketika kita “[giat] selalu dalam pekerjaan Tuhan” (1Kor. 15:58), kita menemukan nilai dan makna dalam pelayanan kita, karena itu memuliakan Allah dan menarik orang-orang kepada-Nya (Mat. 5:16). —Cindy Hess Kasper

Tuhan, tolonglah aku agar taat dan setia menjalani peran yang telah Engkau tetapkan bagiku.

Kunci dari pelayanan yang sejati adalah kesetiaan mutlak di mana saja Allah menempatkan kamu.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 33-34 dan Kisah Para Rasul 24

Bagikan Konten Ini
34 replies
  1. Gabrielle Urilla
    Gabrielle Urilla says:

    Dimanapun Tuhan tempatkan kita..mau di balik layar maupun diatas layar biarkan nama Tuhan semakin ditinggikan..dan kita yang semakin berkurang. kesetiaan hanya diperoleh saat kita merendahkan diri dihadapan Tuhan.

  2. Gunawan
    Gunawan says:

    carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenaranNya.. maka semuanya kan ditambahkan bagimu.. termasuk hikmat dan kebijaksanaan dalam mengetahui tujuan dan peranmu di dalam dunia ini.. Tuhan berkati..

  3. Virdiani Pongtuluran
    Virdiani Pongtuluran says:

    Melayani pekerjaan Tuhan dapat dimulai dari orang-orang terdekat kita. Orangtua, pasangan hidup, anak, tetangga, teman kantor dan orang-orang yang lewat di depan rumah.
    Selamat hari minggu. Jesus loves us

  4. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, tolong aku Tuhan untuk selalu taat kepada mu.Terpujilah Tuhan.Haleluya! Aminn

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *