Apakah Kamu Sedang Disiapkan?

Sabtu, 15 Juli 2017

Apakah Kamu Sedang Disiapkan?

Baca: 1 Samuel 17:8, 32-37, 48-50

17:8 Ia berdiri dan berseru kepada barisan Israel, katanya kepada mereka: “Mengapa kamu keluar untuk mengatur barisan perangmu? Bukankah aku seorang Filistin dan kamu adalah hamba Saul? Pilihlah bagimu seorang, dan biarlah ia turun mendapatkan daku.

17:32 Berkatalah Daud kepada Saul: “Janganlah seseorang menjadi tawar hati karena dia; hambamu ini akan pergi melawan orang Filistin itu.”

17:33 Tetapi Saul berkata kepada Daud: “Tidak mungkin engkau dapat menghadapi orang Filistin itu untuk melawan dia, sebab engkau masih muda, sedang dia sejak dari masa mudanya telah menjadi prajurit.”

17:34 Tetapi Daud berkata kepada Saul: “Hambamu ini biasa menggembalakan kambing domba ayahnya. Apabila datang singa atau beruang, yang menerkam seekor domba dari kawanannya,

17:35 maka aku mengejarnya, menghajarnya dan melepaskan domba itu dari mulutnya. Kemudian apabila ia berdiri menyerang aku, maka aku menangkap janggutnya lalu menghajarnya dan membunuhnya.

17:36 Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup.”

17:37 Pula kata Daud: “TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu.” Kata Saul kepada Daud: “Pergilah! TUHAN menyertai engkau.”

17:48 Ketika orang Filistin itu bergerak maju untuk menemui Daud, maka segeralah Daud berlari ke barisan musuh untuk menemui orang Filistin itu;

17:49 lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah.

17:50 Demikianlah Daud mengalahkan orang Filistin itu dengan umban dan batu; ia mengalahkan orang Filistin itu dan membunuhnya, tanpa pedang di tangan.

Tuhan yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang . . . akan melepaskan aku. —1 Samuel 17:37

Apakah Kamu Sedang Disiapkan?

Ketika masih di SMA, saya pernah bekerja di sebuah restoran cepat saji selama lebih dari dua tahun. Ada hal-hal tertentu dalam pekerjaan itu yang terasa sulit. Misalnya menghadapi pelanggan yang marah karena ia menemukan ada selembar keju yang tidak diinginkannya di dalam roti isi yang tidak saya buat. Segera setelah keluar dari sana, saya melamar pekerjaan komputerisasi di kampus saya. Atasan saya lebih tertarik dengan pengalaman kerja saya di restoran cepat saji daripada keahlian komputer saya. Mereka ingin tahu cara saya menghadapi orang. Pengalaman di tempat kerja yang tidak menyenangkan itu justru telah menyiapkan saya untuk pekerjaan yang lebih baik!

Daud yang masih muda pernah berhasil melewati sebuah peristiwa yang mungkin tidak menyenangkan di mata kita. Ketika Israel ditantang untuk mengirimkan seseorang sebagai lawan Goliat, tidak ada seorang pun yang cukup berani untuk melakukannya. Kecuali Daud. Raja Saul sebenarnya enggan mengirim Daud berperang. Namun, Daud menjelaskan bahwa sebagai gembala, ia pernah melawan dan membunuh singa dan beruang demi menyelamatkan domba-dombanya (1SAM. 17:34-36). Dengan percaya diri, ia menyatakan, “Tuhan yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu” (ay.37).

Bekerja sebagai gembala tidak membuat Daud dihormati banyak orang, tetapi hal itu telah menyiapkannya untuk berperang melawan Goliat, dan pada akhirnya menjadi raja teragung bangsa Israel. Kita mungkin sedang berada dalam situasi-situasi yang sulit, tetapi melalui semua itu Allah mungkin sedang menyiapkan kita untuk sesuatu yang lebih besar! —Julie Schwab, penulis tamu

Tuhan, tolong aku untuk bertahan selama masa-masa yang tidak menyenangkan dalam hidupku. Aku percaya bahwa mungkin Engkau sedang menyiapkan aku untuk sesuatu yang lebih besar.

Allah memakai situasi saat ini untuk menyiapkan kita bagi masa depan.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 13-15dan Kisah Para Rasul 19:21-41

Bagikan Konten Ini
41 replies
  1. Anggie
    Anggie says:

    Tuhan, saat ini aku sedang dalam masa sulit, membaca ini membuat hatiku kuat. Tolong kuatkan aku ya Tuhan. Amin

  2. Lia Ds
    Lia Ds says:

    Anggie: Sama saya jg sis, mengalami situasi yg sangat sulit dan saya jt ga tau harus bagaimana lg selain baca alkitab dll yg menguatkan saya. Saya doakan agar km bisa secepatnya menemukan jalan keluar yg terbaik dan terindah buat kamu dari Tuha ya sis. Amin. Gbu. Salam kenal.

  3. Oweth Haurissa
    Oweth Haurissa says:

    thx God.
    saya juga mendoakan saudara2ku terkasih yang punya pergumulan akan kehidupan mereka.
    Tuhan pulihkan keadaan mereka.
    hamba percaya mujizat selalu ada. aminnn.

  4. lentina sitohang
    lentina sitohang says:

    Amin.
    Aku memang sedang berada di masa² sulitku yg penuh dgn rasa kecewa hingga menimbulkan emosi. Dan aku semakin yakin bahwa Tuhan memberi aku kekuatan, kesadaran lewat renungan akhir² ini. Tetap berikan aku kekuatan ya Tuhan agar aku tetap bertahan bersamaMu dan tdk akan meninggalkanmu. Amin. Tuhan berkati juga penulisnya. Thanks

  5. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Tuhan, berilah hambamu jalan keluar untuk mengatasi masa sulit yang hambamu rsakan saat ini, Amin

  6. irma
    irma says:

    Tuhan..terima kasih untuk penguatan melalui Firman ini..kuatkanlah bahu ini agar aku mampu melalui masa sulit ini. apapun itu,Tuhan Yesus baik..

  7. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, sekalipun kesulitan hidup kami alami, tolong kami Tuhan untuk tetap percaya kepada Mu,bahwa di balik semua itu Tuhan punya rencana yang indah bagi kami.Terpujilah Tuhan!.Aminn

  8. lilyana sari
    lilyana sari says:

    Terima kasih ya Tuhan…dgn firmanMu,Engkau menguatkan iman kami dlm menghadapi pergumulan dan masa2 yg sukar,namun kasih dan janjiMu selalu menjd pengharapan iman kami,terpujilah namaMu kekal selamanya,amin

  9. Enrico Mario Butarbutar
    Enrico Mario Butarbutar says:

    Tuhan Yesus selalu ada bersama kita, baik dalam masa susah dan senang, cuma terkadang tidak menyadari hal itu disaat masa senang.

  10. bastian
    bastian says:

    terimakasih tuhan engkau menjawab doaku. terimakasih tuhan engkau sudah merespon doaku. disaat sulit ini ak akam bersukacita karenamu tuhan. ak percaya tuhan engkau selalu merancangkan kebaikan dan penuh harapan bukan rancangan kecelakaan. amin

  11. Agnes Theresia
    Agnes Theresia says:

    Brakti aku tk,sd,smp,sma,kuliah.
    karna Tuhan sedang menyiapkan di suatu tempat untuk masa tuaku nanti.
    amin

  12. jonathan chris
    jonathan chris says:

    seperti kisah “karate kids” ketika anak will smith mulai marah ketika dia ingin belajar karate malah dia hanya disuruh jacky chan menggantungkan jacket…

    memang masa sulit itu harus disyukuri…

  13. Nandini
    Nandini says:

    penyertaan Tuhan tetap ada walaupun dalam situasi sulit sekalipun 🙂 asal kita selalu berharap kepadaNya

  14. Meike Ferdinandus-Telussa
    Meike Ferdinandus-Telussa says:

    Aminnn… Ketika saya membaca ini saya merasakan sangatt diberkati.. karna masa sulit yg sekarang saya hadapi, saya percaya Tuhan memakai situasi ini untuk menyiapakan sesuatu yang indah.. Trimakasih Tuhan untuk firman pagi ini.. Gbu

  15. Jerry
    Jerry says:

    Terimakasih Tuhan Yesus untuk masa” sulit yg pernah kualami karena smua itu Engkau menyiapkanku utk setiap rencanaMu yg indah bagiku.

  16. Dan
    Dan says:

    Lukas 11:9 Oleh karena itu Aku berkata kepadamu : Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
    Matius 15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya : Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kau kehendaki.’ Dan seketika itu juga anaknya sembuh.
    Iman yang menyembuhkan tubuh dan roh, setiap masalah kita serahkan dalam doa yang tulus. Amin

  17. Nella Sindy
    Nella Sindy says:

    Tuhan akan melepaskan aku dari belenggu kemiskinan dunia. Dia akan menuntunku dengan tangan kasihNya. Pujilah Dia, Raja atas segala raja di dunia!
    Amin…

  18. ratna juita
    ratna juita says:

    apa pun keadaan kita saat ini tetap kata kan Tuhan Yesus baik~God is good kita tidak sendirian Dia~you’re not alone…Dia selalu ada di setiap musim di hidup kita Dia menjaga Dia menopang kita apa yg kita rasakan saat ini serahkan dgn Tuhan yakin dan percaya.. Tuhan Yesus juga merasakannya apa yg kita alami Dia peduli Dia mengerti

  19. Arisa Labora
    Arisa Labora says:

    Wow, ini memberkati banget.. Dipersiapkan itu memang sebuah Proses yang tidak mudah, suka tidak suka kadang ya harus dijalani, hanya kita perlu Tuhan untuk setiap langkah proses itu, supaya dipersiapkan lebih matang lagi.. 🙂

  20. Elsa Monika
    Elsa Monika says:

    mungkin Tuhan ingin mengatakan sesuatu kepadaku karena sebelum membuka santapan rohani ini aku membaca 1 samuel 17 sesuai dgn yg di atas

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *