Sang Penolong

Info

Jumat, 12 Mei 2017

Sang Penolong

Baca: Yohanes 16:7-15

16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;

16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;

16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.

16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. —Yohanes 16:13

Sang Penolong

Saat memasuki pesawat yang akan membawa saya ke suatu kota berjarak seribu mil dari rumah untuk meneruskan studi, saya merasa begitu gugup dan sendirian. Namun selama penerbangan, saya ingat bahwa kepada murid-murid-Nya, Yesus menjanjikan Roh Kudus yang akan hadir untuk menolong dan menghibur mereka.

Para sahabat Yesus pasti merasa bingung ketika Yesus berkata kepada mereka, “Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi” (Yoh. 16:7). Bagaimana mungkin mereka yang telah menyaksikan mukjizat-Nya dan belajar dari ajaran-Nya dapat menjadi lebih baik tanpa kehadiran-Nya? Namun, Yesus mengatakan kepada mereka bahwa jika Dia pergi, Sang Penolong, yaitu Roh Kudus, akan datang.

Menjelang waktu-waktu terakhir-Nya di bumi, Yesus memberikan pesan kepada murid-murid-Nya (dalam Yoh. 14-17 yang dikenal sebagai “Pesan Perpisahan”) untuk menolong mereka agar memahami arti kematian dan kenaikan-Nya ke surga. Pusat pembicaraan mereka adalah tentang kedatangan Roh Kudus, Sang Penolong yang akan menyertai mereka (14:16-17), mengajar (15:15), bersaksi (15:26), dan memimpin mereka (16:13).

Kita yang telah menerima hidup baru dari Allah juga telah dianugerahi Roh Kudus yang tinggal di dalam diri kita. Roh Kudus juga memberi kita begitu banyak: Dia menginsafkan kita akan dosa dan menolong kita untuk menyesalinya. Dia memberi kita penghiburan tatkala kita menderita, kekuatan untuk menanggung kesulitan, hikmat untuk memahami pengajaran Allah, pengharapan dan iman untuk percaya, dan kasih yang rela berbagi.

Marilah kita bersukacita karena Tuhan Yesus telah mengutus Sang Penolong untuk kita. —Amy Boucher Pye

Bapa Surgawi, Engkau memberikan Anak-Mu untuk menyelamatkan kami dan Roh-Mu untuk menghibur dan mengingatkan kami. Kiranya kami senantiasa memuliakan-Mu saat kami mensyukuri kebaikan dan kasih-Mu.

Roh Kudus memenuhi hidup para pengikut Yesus.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-Raja 15-16; Yohanes 3:1-18

Artikel Terkait:

Siapkah Kamu Memikul Salib?

Jadilah yang pertama menemukan artikel terbaru dari WarungSaTeKaMu.org. Add akun LINE kami dengan klik di sini atau cari melalui ID @warungsatekamu

Add Friend

facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

25 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!