Menemukan Jalan Keluar

Sabtu, 20 Mei 2017

Menemukan Jalan Keluar

Baca: 1 Korintus 10:1-13

10:1 Aku mau, supaya kamu mengetahui, saudara-saudara, bahwa nenek moyang kita semua berada di bawah perlindungan awan dan bahwa mereka semua telah melintasi laut.

10:2 Untuk menjadi pengikut Musa mereka semua telah dibaptis dalam awan dan dalam laut.

10:3 Mereka semua makan makanan rohani yang sama

10:4 dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus.

10:5 Tetapi sungguhpun demikian Allah tidak berkenan kepada bagian yang terbesar dari mereka, karena mereka ditewaskan di padang gurun.

10:6 Semuanya ini telah terjadi sebagai contoh bagi kita untuk memperingatkan kita, supaya jangan kita menginginkan hal-hal yang jahat seperti yang telah mereka perbuat,

10:7 dan supaya jangan kita menjadi penyembah-penyembah berhala, sama seperti beberapa orang dari mereka, seperti ada tertulis: “Maka duduklah bangsa itu untuk makan dan minum; kemudian bangunlah mereka dan bersukaria.”

10:8 Janganlah kita melakukan percabulan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga pada satu hari telah tewas dua puluh tiga ribu orang.

10:9 Dan janganlah kita mencobai Tuhan, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka mati dipagut ular.

10:10 Dan janganlah bersungut-sungut, seperti yang dilakukan oleh beberapa orang dari mereka, sehingga mereka dibinasakan oleh malaikat maut.

10:11 Semuanya ini telah menimpa mereka sebagai contoh dan dituliskan untuk menjadi peringatan bagi kita yang hidup pada waktu, di mana zaman akhir telah tiba.

10:12 Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh!

10:13 Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.

Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya. —1 Korintus 10:13

Menemukan Jalan Keluar

Ada sebuah jalan dengan nama yang menarik di Santa Barbara, California. Nama jalan itu adalah “Salsipuedes”, yang artinya “hindari jika bisa”. Ketika jalan itu dinamai, wilayah itu memang berbatasan dengan sebuah rawa yang kadangkala dilanda banjir, dan para perencana kota yang berbahasa Spanyol menjuluki area itu dengan nama tersebut sebagai peringatan agar orang menghindari jalan itu.

Firman Tuhan juga mengingatkan kita untuk menjauhi “jalan yang salah” dari dosa dan godaan: “Jauhilah jalan itu, janganlah melaluinya, menyimpanglah dari padanya dan jalanlah terus” (Ams. 4:15). Namun, Kitab Suci tidak sekadar mengatakan “hindari jika bisa”. Alkitab juga memberikan jaminan dan memberi tahu ke mana kita harus melangkah: “Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya” (1Kor. 10:13).

Janji bahwa Allah tidak akan membiarkan kita dicobai melampaui kekuatan kita merupakan suatu pengingat yang sangat menguatkan. Saat pencobaan datang dan kita berpaling kepada Allah, kita tahu bahwa Allah mau menolong kita untuk menjauhi pencobaan itu.

Alkitab menegaskan bahwa Yesus “turut merasakan kelemahan-kelemahan kita.” Bahkan, “Ia sudah dicobai dalam segala hal, sama seperti kita sendiri; hanya Ia tidak berbuat dosa” (Ibr. 4:15 BIS). Yesus mengetahui jalan keluar untuk setiap pencobaan yang kita alami. Dia akan menunjukkannya ketika kita datang kepada-Nya! —James Banks

Tuhan, terima kasih atas janji-Mu untuk tetap setia menolongku dan memberikan jalan keluar kapan pun aku dicobai. Aku memuji-Mu karena Engkau bersedia memberiku seluruh kekuatan yang kuperlukan!

Allah berjanji untuk menolong kita saat kita dicobai.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 10-12; Yohanes 6:45-71

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. Rintey Sembiring
    Rintey Sembiring says:

    saya yakin dan percaya bahwa DIA akan menyertai hamba dlm setiap perkara.amin

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik selalu bahagia murni menang terus tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. Lia Tri Octavia Pardosi
    Lia Tri Octavia Pardosi says:

    Terimakasih buat segala sesuatu nya Tuhan. tunjukkan jalan keluar agar aku bisa keluar dari semua masalah ini.Engkau dahsyat

  4. Citra Sitorus
    Citra Sitorus says:

    Saat tiada jalan, hadapi persoalan, Yesus ada disana, dan memberimu JAWABAN.
    Happy satnite. gbus

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *