Diberi Allah Pakaian yang Baru

Info

Kamis, 18 Mei 2017

Diberi Allah Pakaian yang Baru

Baca: Zakharia 3

3:1 Kemudian ia memperlihatkan kepadaku imam besar Yosua berdiri di hadapan Malaikat TUHAN sedang Iblis berdiri di sebelah kanannya untuk mendakwa dia.

3:2 Lalu berkatalah Malaikat TUHAN kepada Iblis itu: “TUHAN kiranya menghardik engkau, hai Iblis! TUHAN, yang memilih Yerusalem, kiranya menghardik engkau! Bukankah dia ini puntung yang telah ditarik dari api?”

3:3 Adapun Yosua mengenakan pakaian yang kotor, waktu dia berdiri di hadapan Malaikat itu,

3:4 yang memberikan perintah kepada orang-orang yang melayaninya: “Tanggalkanlah pakaian yang kotor itu dari padanya.” Dan kepada Yosua ia berkata: “Lihat, dengan ini aku telah menjauhkan kesalahanmu dari padamu! Aku akan mengenakan kepadamu pakaian pesta.”

3:5 Kemudian ia berkata: “Taruhlah serban tahir pada kepalanya!” Maka mereka menaruh serban tahir pada kepalanya dan mengenakan pakaian kepadanya, sedang Malaikat TUHAN berdiri di situ.

3:6 Lalu Malaikat TUHAN itu memberi jaminan kepada Yosua, katanya:

3:7 “Beginilah firman TUHAN semesta alam: Apabila engkau hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan tugas yang Kuberikan kepadamu, maka engkau akan memerintah rumah-Ku dan mengurus pelataran-Ku, dan Aku akan mengizinkan engkau masuk ke antara mereka yang berdiri melayani di sini.

3:8 Dengarkanlah, hai imam besar Yosua! Engkau dan teman-temanmu yang duduk di hadapanmu–sungguh kamu merupakan suatu lambang. Sebab, sesungguhnya Aku akan mendatangkan hamba-Ku, yakni Sang Tunas.

3:9 Sebab sesungguhnya permata yang telah Kuserahkan kepada Yosua–satu permata yang bermata tujuh–sesungguhnya Aku akan mengukirkan ukiran di atasnya, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan Aku akan menghapuskan kesalahan negeri ini dalam satu hari saja.

3:10 Pada hari itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, setiap orang dari padamu akan mengundang temannya duduk di bawah pohon anggur dan di bawah pohon ara.”

Dosamu telah kubuang, engkau akan kuberi pakaian yang baru. —Zakharia 3:4 BIS

Diberi Allah Pakaian yang Baru

Ketika anak-anak saya masih batita, mereka biasa bermain di luar rumah, di atas rumput yang basah. Tidak lama kemudian tubuh mereka sudah penuh dengan lumpur. Demi kebaikan mereka dan kebersihan lantai rumah, saya menanggalkan baju mereka di depan pintu dan menyelimuti mereka dengan handuk sebelum memandikan mereka. Mereka pun segera berubah dari kotor menjadi bersih dengan bantuan sabun, air, dan pelukan.

Dalam penglihatan yang diterima oleh Zakharia, kita melihat Yosua sang imam besar mengenakan pakaian kotor yang melambangkan dosa dan pelanggaran (Zak. 3:3). Namun, Tuhan menjadikannya bersih dengan menanggalkan pakaian kotor itu dan mengenakan pakaian yang baru kepadanya (ay.5). Serban yang bersih dan pakaian yang baru itu menandakan bahwa Tuhan telah membuang dosa-dosa Yosua.

Kita juga dapat menerima pembersihan dari Allah saat kita terbebas dari pelanggaran kita melalui karya keselamatan yang dikerjakan oleh Tuhan Yesus. Sebagai hasil dari kematian-Nya di kayu salib, segala lumpur dosa yang melekat pada diri kita akan dibersihkan ketika kita menerima “pakaian yang baru” sebagai anak-anak Allah. Kita tidak lagi dikenal menuRut pelanggaran yang telah kita lakukan (baik itu berbohong, bergosip, mencuri, iri hati, atau yang lainnya), tetapi kita dapat dikenal menurut identitas yang diberikan Allah kepada mereka yang dikasihi-Nya—dipulihkan, diperbarui, disucikan, dibebaskan.

Mintalah kepada Allah untuk membuang semua pakaian kotor yang masih kamu kenakan agar kamu juga dapat mengenakan pakaian baru yang telah disiapkan-Nya bagi kamu. —Amy Boucher Pye

Tuhan Yesus, melalui kematian-Mu di kayu salib yang menyelamatkan kami, kami diterima dan dikasihi. Kiranya kami menerima karunia tersebut untuk kemuliaan-Mu.

Siapa yang mampu menghapus dosaku? Tuhan Yesus Kristus!

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Tawarikh 4-6; Yohanes 6:1-21


facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

28 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!