Dia Mengerti dan Peduli

Minggu, 16 April 2017

Dia Mengerti dan Peduli

Baca: Yesaya 53:1-8

53:1 Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?

53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.

53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.

53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.

53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.

Sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya. —Yesaya 53:4

Dia Mengerti dan Peduli

Ketika ditanyai apakah sikap tidak peduli dan tidak mau tahu merupakan masalah manusia di zaman modern, seorang pria dengan bercanda menjawab, “Saya tidak peduli dan saya tidak mau tahu.”

Saya menduga ada banyak orang yang berkecil hati dan berpikiran seperti itu tentang dunia dan manusia di masa kini. Namun, Yesus sangat mengerti dan benar-benar peduli terhadap segala kekacauan dan pergumulan hidup kita. Yesaya pasal 53 berisi nubuat Perjanjian Lama tentang penyaliban Yesus dan di sana kita dapat melihat sekilas apa saja yang dialami-Nya demi kita. “Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian” (ay.7). “Karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah” (ay.8). “Tetapi Tuhan berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak Tuhan akan terlaksana olehnya” (ay.10).

Di atas kayu salib, Yesus rela menanggung dosa dan kesalahan kita. Tidak seorang pun pernah mengalami penderitaan seperti yang dialami Tuhan demi kita. Dia tahu apa yang harus dikorbankan-Nya demi menyelamatkan kita dari dosa, dan karena kasih, Dia rela menjalani itu semua (ay.4-6).

Karena Tuhan Yesus telah bangkit dari kematian, Dia kini hidup dan selalu menyertai kita. Apa pun situasi yang kita hadapi, Yesus mengerti dan peduli. Dan Dia akan selalu menolong kita. —David McCasland

Tuhan, kami bersyukur karena Engkau mengetahui keadaan kami dan mempedulikan kami. Hari ini, kami ingin berjalan bersama-Mu dan memuliakan-Mu melalui setiap perbuatan kami.

Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit! —Lukas 24:6

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 30-31; Lukas 13:23-35

Bagikan Konten Ini
31 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Kiranya dengan kita merayakan hari paskah ini, dapat mengenang dan menyadari akan dosa-dosa yang pernah kita lakukan didalam kehidupan kita selama ini, yang Tuhan Yesus telah mengan mpuninya dan memberi keselamatan hingga kita dapat menikmati kehidupan kita saat ini, Amin,

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik bahagia murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. Abednego Togatoropa
    Abednego Togatoropa says:

    terimakasih Tuhan Yesus untuk anugerah yang bisa kami rasakan hingga sekarang. Tuhan tetap peduli dan selalu ada bersama kami.

  4. niesha
    niesha says:

    Because He lives i can face tomorrow
    Because He lives all fear is gone
    Because i know He holds the future
    And life is worth the living just because He lives.

  5. bastian
    bastian says:

    terimakasih Tuhan untuk penyertaanMu selama hidup kami. kami percaya Tuhan apapun masalah kondisi dan keadaan yg ada tidak akan dpt menggoyahkan iman kami dalamMu. amin

  6. sutikno
    sutikno says:

    Engkau membeti kesempatan kedua kepada kami ya Tuhan . Kasih Kristus menghapuskan masa lampauku dan membuka masa depan yang baru bagiku dan bagimu amin

  7. Hendra Deni Saputra Naibaho
    Hendra Deni Saputra Naibaho says:

    Selamat memperingati Kebangkitan Yesus Kristus saudara-saudara terkasih. kiranya kita senantiasa sadar atas penderitaan Kristus di kayu salib demi menebus dosa kita yang hina ini. Sbab Allah Peduli… 🙂

  8. Yusak Slamet Arief Ryadi
    Yusak Slamet Arief Ryadi says:

    Amin. Suatu pertukaran antara Salib dan dosa dosa kita. Karena Salib ada hari esuk penuh kemenangan. Terima kasih Tuhan Yesus Kristus.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *