Tak Kekurangan Apa Pun

Senin, 23 Januari 2017

Tak Kekurangan Apa Pun

Baca: Markus 6:7-12

6:7 Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat,

6:8 dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan,

6:9 boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju.

6:10 Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu.

6:11 Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.”

6:12 Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat,

 

Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu . . . berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. —2 Korintus 9:8

Tak Kekurangan Apa Pun

Bayangkan melakukan perjalanan tanpa membawa koper. Tidak membawa kebutuhan pokok, pakaian ganti, uang, atau kartu kredit. Rasanya tidak bijaksana dan agak menakutkan, bukan?

Namun itulah yang diperintahkan Yesus kepada kedua belas murid-Nya ketika mereka diutus melakukan pelayanan mereka yang pertama untuk mengajar dan menyembuhkan orang. Yesus berkata, “Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan [kalian], kecuali tongkat, rotipun jangan, bekalpun jangan, uang dalam ikat pinggangpun jangan, boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju” (Mrk. 6:8-9).

Namun di kemudian waktu ketika Yesus menyiapkan para murid untuk melayani setelah kepergian-Nya, Dia berkata kepada mereka, “Siapa yang mempunyai pundi-pundi, hendaklah ia membawanya, demikian juga yang mempunyai bekal; dan siapa yang tidak mempunyainya hendaklah ia menjual jubahnya dan membeli pedang” (Luk. 22:36).

Maksud Yesus: Percayalah Allah akan memelihara mereka.

Ketika Tuhan Yesus mengingat kembali perjalanan mereka yang pertama, Dia bertanya kepada para murid, “Ketika Aku mengutus kamu dengan tiada membawa pundi-pundi, bekal dan kasut, adakah kamu kekurangan apa-apa?” Jawab mereka: “Suatupun tidak” (Luk. 22:35-36). Para murid mempunyai segala sesuatu yang mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan yang dikehendaki Allah atas mereka. Dia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat (Mrk. 6:7).

Apakah kita mempercayai Allah untuk menyediakan segala kebutuhan kita? Apakah kita juga bertanggung jawab dan membuat rencana? Percayalah bahwa Dia akan memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan-Nya. —Poh Fang Chia

Tuhan, Engkau baik, dan semua yang Engkau kerjakan itu baik. Tolonglah kami dalam usaha kami dengan berdoa, merencanakan, dan mempercayai-Mu.

Kehendak Allah yang dikerjakan dengan cara-Nya tidak akan pernah kekurangan penyediaan dari-Nya. —Hudson Taylor, Pendiri China Inland Mission.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 7-8; Matius 15:1-20

Artikel Terkait:

5 Alasan Lebih Berbahagia Memberi daripada Menerima

Ayat ini mungkin terdengar tidak asing bagi kita, “Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima.” (Kisah Para Rasul 20:35). Namun, pernahkah kita memikirkannya? Bukankah kalimat itu terdengar kurang masuk akal? Baca artikel Raphael selengkapnya di dalam artikel berikut.

Bagikan Konten Ini
25 replies
  1. Ritha Togatorop
    Ritha Togatorop says:

    bantulah aku setiap hari smakin percaya dan bisa merasakan akan kebaikan Mu dan kuasa Mu dlm kehidupan ku.

  2. icalpenyok
    icalpenyok says:

    kami berserah di dalam hadirat Mu Bapa, lakukan apa yg Engkau pandang baik buat kami menurut Engkau bukan menurut kami.Amin

  3. Yeremia Gatot Kusuma Wijaya
    Yeremia Gatot Kusuma Wijaya says:

    amin.
    sememangnya Allah saja yg bisa menyediakan segala sesuatu tepat pada waktunya.

  4. Christiana Yuniastuti
    Christiana Yuniastuti says:

    Tuhan, Engkau baik, dan semua yang Engkau kerjakan itu baik. Tolonglah kami dalam usaha kami dengan berdoa, merencanakan, dan mempercayai-Mu. Amin.

  5. arifah
    arifah says:

    Y Allah aq percy krn hnya Engkaulah satu2nya sang pencipta,yg memerintah dan yg mengadakan smua ini maha suci Allah Tuhan smesta alam.

  6. rosmida
    rosmida says:

    trimakasih Tuhan engkau sunggu baik engkau selalu mencukupkan apa yg kami butuhkan didalam melakukan sesuatu pekerjaan yg engkau kehendaki yg kadang kami kurang memikirkannya penyertaanmu yg selalu ada di hidup orang yg berseru kpd Mu

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *