Berjaga-jaga dan Berdoa

Rabu, 24 Agustus 2016

Berjaga-jaga dan Berdoa

Baca: Markus 14:32-42

14:32 Lalu sampailah Yesus dan murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Kata Yesus kepada murid-murid-Nya: “Duduklah di sini, sementara Aku berdoa.”

14:33 Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,

14:34 lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah.”

14:35 Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.

14:36 Kata-Nya: “Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki.”

14:37 Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?

14:38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

14:39 Lalu Ia pergi lagi dan mengucapkan doa yang itu juga.

14:40 Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat dan mereka tidak tahu jawab apa yang harus mereka berikan kepada-Nya.

14:41 Kemudian Ia kembali untuk ketiga kalinya dan berkata kepada mereka: “Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Cukuplah. Saatnya sudah tiba, lihat, Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa.

14:42 Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat.”

Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan. —Markus 14:38

Berjaga-jaga dan Berdoa

Dari jendela rumah, saya dapat melihat bukit setinggi 1.700 meter yang disebut Cerro del Borrego atau “Bukit Domba”. Oada tahun 1862, pasukan Prancis datang menyerbu Meksiko. Mereka berkemah di tengah taman Orizaba, sementara tentara Meksiko menempati posisi di puncak bukit. Namun, jenderal dari pasukan Meksiko lalai menjaga jalur masuk menuju puncak bukit itu. Akhirnya, tentara-tentara Prancis pun menyerang dan membunuh 2.000 tentara Meksiko yang tengah tertidur.

Saya pun teringat pada satu bukit yang lain, Bukit Zaitun, dan taman di kaki bukit tempat sekelompok murid Yesus jatuh tertidur. Yesus menegur mereka dan berkata, “Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah” (Mrk. 14:38).

Betapa mudahnya kita tertidur atau bersikap ceroboh dalam perjalanan iman kita. Pencobaan menyerang ketika kita sedang rentan. Ketika kita mengabaikan area-area tertentu dalam kehidupan rohani kita—misalnya berdoa dan mempelajari Alkitab—kewaspadaan kita pun melemah dan menjadi longgar, sehingga diri kita menjadi sasaran yang mudah diserang Iblis (1Ptr. 5:8).

Kita perlu sadar terhadap kemungkinan terjadinya serangan dan kita perlu berdoa untuk menjaga kewaspadaan. Jika kita tetap berjaga-jaga dan berdoa—demi diri sendiri dan orang lain—Roh Kudus akan memampukan kita untuk menang atas pencobaan. —Keila Ochoa

Tuhan Yesus, aku tahu rohku memang penurut, tetapi tubuhku lemah. Tolonglah aku berjaga-jaga dan berdoa hari ini demi diriku dan sesamaku.

Iblis tidak berdaya melawan kuasa Kristus.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 116-118; 1 Korintus 7:1-19

Artikel Terkait:

4 Ciri Para Pendosa di Dalam Gereja

Apa yang menjadi ciri-ciri dari para pendosa di dalam gereja? Yuk temukan 4 ciri para pendosa di dalam gereja di dalam artikel berikut.

Bagikan Konten Ini
15 replies
  1. Jessica
    Jessica says:

    artikel yg sangat bagus.. mengingatkan kita untuk selalu berjaga2 dan berdoa sekalipun scara jasmani daging kita lemah dan lelah..kita harus tetap focus pada Tuhan..

  2. Yohansen Chandra
    Yohansen Chandra says:

    doausahakan makin sadar dan peka akan kerapuhan kita lalu makin berjaga2 dan berdoa. terimakasih

  3. Windyemely Windyemely
    Windyemely Windyemely says:

    terima kasih Tuhan buat firmanMu pagi ini.sebagai manusia 3R rapuh ringkih remuk ttp mengandalkan Tuhan dan mengasihi org2 yg kusayang.

  4. angela stephanie
    angela stephanie says:

    Tuhan, terima kasih untuk ke dahsyatanMu hari ini, bantu lah aku agar aku dapat berjaga jaga dan berdoa agar aku tidak jatuh ke dalam pencobaan, Amin

  5. ani
    ani says:

    Tuhan dlm beberapa Minggu ini aku sanggat rapu aku trs memohon PD MU Tuhan kuatkan aku supaya aku tidak jth dlm dosa.pakai mlt bbr ku Tuhan setiap hr untuk memuliah kan nama MU.amin

  6. steward
    steward says:

    Amin..kuatknlah imanku ya Bapa.agar aku jngn terjerums dlm dosa.ampuni sgala dosa2ku ya Bapa.Amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *