Sesuai dengan yang Ada Tertulis

Kamis, 19 November 2015

Sesuai dengan yang Ada Tertulis

Baca: Ezra 3:1-6

3:1 Ketika tiba bulan yang ketujuh, setelah orang Israel menetap di kota-kotanya, maka serentak berkumpullah seluruh rakyat di Yerusalem.

3:2 Maka mulailah Yesua bin Yozadak beserta saudara-saudaranya, para imam itu, dan Zerubabel bin Sealtiel beserta saudara-saudaranya membangun mezbah Allah Israel untuk mempersembahkan korban bakaran di atasnya, sesuai dengan yang ada tertulis dalam kitab Taurat Musa, abdi Allah.

3:3 Mereka mendirikan mezbah itu di tempatnya semula, sungguhpun mereka ketakutan terhadap penduduk negeri, lalu mereka mempersembahkan di atasnya korban bakaran kepada TUHAN, korban bakaran waktu pagi dan waktu petang.

3:4 Mereka juga mengadakan hari raya Pondok Daun, sesuai dengan yang ada tertulis, dan mempersembahkan korban bakaran hari demi hari menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan, yakni setiap hari menurut yang ditetapkan untuk hari itu.

3:5 Dan sejak itu diadakanlah korban bakaran yang tetap, juga korban bakaran pada bulan baru dan pada setiap hari raya yang kudus bagi TUHAN, dan setiap kali orang mempersembahkan persembahan sukarela kepada TUHAN.

3:6 Sejak hari pertama bulan yang ketujuh mereka mulai mempersembahkan korban bakaran kepada TUHAN, namun dasar bait suci TUHAN belum juga diletakkan.

[Mereka] membangun mezbah . . . untuk mempersembahkan korban bakaran di atasnya, sesuai dengan yang ada tertulis. —Ezra 3:2

Sesuai dengan yang Ada Tertulis

Dalam merakit suatu barang, entah itu barang elektronik, perabot rumah, dan yang sejenisnya, saya memiliki cara yang berbeda dengan Steve, anak saya. Steve cenderung berpikir secara mekanis, jadi biasanya ia tidak memerlukan buku petunjuk dan langsung merakit. Sementara ia sudah merakit setengah jalan, saya masih saja membaca dengan perlahan buku petunjuk tentang cara merakit barang tersebut.

Adakalanya kita berhasil tanpa perlu petunjuk. Namun demikian, untuk mengatur kehidupan yang mencerminkan kebaikan dan hikmat Allah, kita tidak boleh mengabaikan arahan yang Dia berikan kepada kita di dalam Alkitab.

Umat Israel yang telah kembali ke tanah kediaman mereka setelah pengasingan di Babel menjadi contoh yang baik untuk hal itu. Ketika mulai membangun kembali tata ibadah mereka, mereka melakukannya “sesuai dengan yang ada tertulis dalam kitab Taurat Musa” (Ezr. 3:2). Dengan membangun mezbah yang benar dan merayakan hari raya Pondok Daun seperti yang ditetapkan Allah dalam Imamat 23:33-43, mereka melakukannya tepat seperti yang Allah perintahkan.

Kristus juga memberikan arahan pada para pengikut-Nya. Dia berkata, “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” Dan “kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Mat. 22:37,39). Saat kita percaya dan datang kepada-Nya, Dia akan menunjukkan kepada kita jalan hidup yang benar. Sebagai pribadi yang menciptakan kita, Allah jauh lebih tahu daripada kita tentang jalan hidup yang benar itu. —Dave Branon

Ingatkan kami, ya Tuhan, saat kami memulai hari, Engkau telah menunjukkan kepada kami teladan-Mu dalam menjalani hidup sebagaimana seharusnya. Tolong kami untuk membaca firman-Mu dan mengikuti arahan yang Engkau berikan bagi kami oleh kasih-Mu.

Jika kita ingin Allah memimpin kita, kita harus rela mengikut Dia.

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 11-13; Yakobus 1

Bagikan Konten Ini
12 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Tuhan Yesus, perkenangkanlah kami di pagi hari ini menaikan puji dan sembah kepadamu atas segala kasih karunia yang engkau telah persembahkan didalam kehidupan kami,berilah kami hikmatmu Tuhan agar kami dapat menekuni teladanmu didalam kehidupan kami setiap harinya, didalam nama Tuhan Yesus, kami mengucap syukur dan berterima kasih kepadamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  2. lennie de haan
    lennie de haan says:

    Segala Puji dan Hormat kami panjatkan kepadaMu, ya Tuhan oleh karena Tuhan begitu baik buat kami. Tuntun dan sertailah kami dalam memulai segala aktifitas kami di pagi ini, sehingga apa yang kami lakukan senantiasa membawa kepujian bagi nama Tuhan. Amin

  3. suharsono
    suharsono says:

    Selamat pagi Tuhan..Engkaulah jalan kebenaran dan hidup..wajib bagiku untuk mengikutiNya..Amin..selamat pagi..Gbu..

  4. Brp
    Brp says:

    Selamat pagi Tuhan Yesus,,
    Trimaksih atas malam, bersyukur atas pagiMu..
    Berikan arahan yang baik dan benar kepada kami untuk memulai dan menjalani hariMu.
    Ingatkan kami, bahwa hari ini tidak akan pernah terulang, sehingga kami menjadi lebih bijak menjalani hariMu ini. AMIN.

  5. Helferia Sinaga
    Helferia Sinaga says:

    Arahkan kami Tuhan untuk memulai pekerjaan kami dan untuk selanjutnya.Kami serahkan ketanganMU.Amin.

  6. velmaria
    velmaria says:

    thanks lord…

    sertai aku,,
    ajar ku berdiam..
    dekat di hatimu,
    selalu berpegang teguh firmanmu.

    ajari au oh tuhan di hahuranganki
    jot jot sai hu laosi patikmi,
    ramoti au oh tuhan..di nasa langkkaki..
    unang tarlandit au di dalanmi..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *