Pelajaran Memancing

Info

Selasa, 22 September 2015

Pelajaran Memancing

Baca: 1 Petrus 5:1-9

5:1 Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak.

5:2 Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

5:3 Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.

5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

5:5 Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

5:6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Lawanlah dia [Iblis] dengan iman yang teguh. —1 Petrus 5:9

Pelajaran Memancing

Saya sedang asyik memancing di perairan yang jernih dan tenang di Danau Piatt, yang terletak di dekat rerumputan liar yang rimbun. Saya menyaksikan seekor ikan kerapu yang besar menyelinap keluar dari rerumputan yang lebat itu untuk melihat-lihat keadaan. Ikan itu mendekati cacing yang kelihatannya nikmat di ujung pancing saya, menatapnya, dan kembali ke balik rerumputan. Hal itu terjadi beberapa kali sampai si ikan melihat kailnya. Kemudian ia mengibaskan ekornya, pergi menghilang ke sarangnya, dan tidak pernah muncul lagi.

Iblis menyajikan godaan, seperti kail ikan, tepat di depan kita. Godaan itu kelihatannya nikmat dan menjanjikan kepuasan. Namun kuasa Iblis hanya sampai di situ. Ia tidak dapat memaksa kita untuk menggigit umpannya. Kuasanya tidak dapat melampaui kehendak kita —keputusan ada di tangan kita. Ketika kita diperingatkan oleh Roh Kudus dan memutuskan untuk menolak godaan itu, Iblis pun tidak berkutik. Yakobus berkata bahwa Iblis akan lari dari kita (4:7).

Sebagai orang percaya, kita sangat dihibur oleh perkataan Petrus, seseorang yang juga pernah mengalami pencobaan besar (Mat. 26:33-35). Di kemudian hari, ia menulis, “Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum . . . Lawanlah dia dengan iman yang teguh” (1Ptr. 5:8-9).

Sama seperti ikan kerapu yang besar itu tidak mengacuhkan umpan saya, kita diberi kesanggupan oleh kuasa Allah untuk menolak siasat Iblis yang berusaha memikat kita. —Dave Egner

Bapa di surga, terima kasih untuk janji pertolongan-Mu ketika kami dicobai dan untuk kebenaran bahwa kuasa Iblis itu terbatas. Beri kami hikmat untuk mengenali godaan dan juga kerendahan hati untuk bergantung kepada Roh-Mu yang memberi kami kekuatan untuk melawan Iblis.

Tanggapi dusta Iblis dengan kebenaran firman Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: Pengkhotbah 10-12; Galatia 1

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

23 Komentar Kamu

  • Lawanlah iblis dengan iman yang teguh.
    Terima kasih atas renungannya
    Yesus memberkati

  • Yah Allah bapa kami Yesus Kristus Tuhan kita yang berada didalam kerajaan surga,kami mengucap syukur atas segala kasih sayang dan kebaikanmu yang engkau telah berikan kepada kami,berilah kami hikmat untuk mengenali segala godaan iblis dan kerendahan hati yang tergantung dengan kuasa rohol kudusmu terhadap godaan iblis yang menggoda kehidupan kami sekeluarga didalam menjalankan kehidupan kami,agar kami tetap tegar didalam melawan kuasa iblis yang menggoda kehidupan kami,terima kasih Tuhan Yesus, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  • amin.. kuasailah kami Tuhan supaya kami dpt menguasai diri kami untuk melawan dusta iblis

  • Terima kasih Tuhan untuk firman-Mu agar kami terus berjaga-jaga dan tidak mudah tergoda pada rayuan iblis.tegur kami Tuhan saat kami salah melangkah untuk kembali ke jln yg benar.Firman-Mu menguatkan kami
    Amin

  • Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kami semua dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  • Hesty Natalia Sihombing

    berilah kami kekuatan melawan iblis ya Tuhan. dalam nama Yesus. amin

  • amin

  • iblis tdk akan pernah lelah menjatuhkan kita, manusia. Tapi Tuhan jugalah yang menjanjikan pertolongan untuk kita, manusia yang percaya. Dan kita tahu iblis juga di bawah kuasa Tuhan, bukan?

  • Luar biasa…..sungguh menguatkan………smoga kita smua sll dikuatkan dan dimampukan tuk melawan tipu muslihat iblis

  • Amin

  • Tolong kami selalu untuk menjauhi godaan dan berfokus pada kasih-MU, ya TUHAN. Ajar kami untuk senantiasa taat kepada-MU. Amin.

  • Yustina Meisella Kristania

    Terimakasih ya Bapa berkat kuasamu yang tak pernah berkesudahan dalam hidup kami
    ajarilah kami Bapa agar selalu mengandalkan namaMu saja dalam setiap perkara hidup kami

    kami sadar, iblis tak pernah lelah mengganggu dan mencobai kami
    mengusik ketentraman hati kami

    namun hambaMu ini percaya berkat kuasa TanganMu sajalah
    iblis dikalahkan dan kami semua diselamatkan..amin

  • yess..!!

  • Mampukan kami agar bisa menanggapi dusta Iblis dengan kebenaran firman Allah. Amin

  • Tuhan kuatkan imanku agar tetap di jalanMu.

  • Tolong kami Tuhan untuk melawan godaan dunia dalam menjalani kehidupan ini, karena kami tidak mau iblis berkuasa atas diri kami. Amen

  • desi ina singka sitepu

    Tq Lord, sgala kemuliaan bagi Allah…..

  • Ya Roh Kudus berikan kepekaan&kekuatan bt kami..sehingga mengerti kehendakMu ya Yesus dan melakukannya sesuai firmanMu.Immanuel.Amin

  • Dikala kesesakan datang,aku berseru padaMu Bapa,maka segala perkara ada jalan keluar ,terimakasih Tuhan Yesus.

  • amin..inilah bkti pentingnya saat teduh.
    trimah kasih.Tuhan Yesus Memberkati

  • Terima kasih renungannya
    Tuhan yesus memberkati

Bagikan Komentar Kamu!