Sharing: Menurutmu, Sahabat Sejati Itu Seperti Apa?

Sharing-WarungSaTeKaMu-201508-B

Amsal 17:17 berkata,
“Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu,
dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.”

Adakah orang-orang di hidupmu
yang kamu sebut sahabat seperti itu?

Apakah kamu sendiri bisa diandalkan
sebagai sahabat yang demikian?

Menurutmu, sahabat sejati itu seperti apa?

Bagikan Konten Ini
44 replies
  1. Chiantal Anugerah
    Chiantal Anugerah says:

    sahabat sejati itu yg bisa menegur dengan kasih dan gak ada rasa gak enakan, gak ada niatan buruk karena didasarkan akan kasih, sahabat sejati gak kenal yg namanya kecewa. sahabat sejati bukan tentang lama tidaknya, tapi tentang siapa yg selalu kamu kangenin.

  2. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Sahabat sejatiku didalsm hidupku saat ini tiada yang lain terkecuali hanya Tuhan Yesus, karena dialah segalanya bagiku yang dapat menemaniku, baik dikala aku mengalami kesusahan didalam hidupku maupun dikala aku berada didalam suasana kedaimaian bersama keluargaku,terpujilah namamu bapa disurga, AMIN

  3. Nofa Ahakhododo Bu'ulolo
    Nofa Ahakhododo Bu'ulolo says:

    sahabat sejati itu menurut aku,bisa meng keep segala rahasia,bisa diajak tukar pikiran,nyaman,memberikan masukan” yang benar saat kita mengalami suatu problem atau pergumulan,bahkan bisa buat merasa tenang dan tidak gelisah lagi….

  4. Henni Latu Binga
    Henni Latu Binga says:

    sahabat sejati adlh sahabat yg berani berkata tentang kebenaran disaat kedapatan tmn(sahabat) qt sedang melakukan kesalahan. menegur,menasehati dan support dan memantau untuk dia berbalik ke arah yg benar.

  5. galih
    galih says:

    Sahabat sejati adalah mereka yang selalu menemani di kala susah maupun senang , saat sedang jauh maupun dekat selalu memberikan perhatian dan yang terutama selalu memberikan kasih seperti TUHAN YESUS KRISTUS yang merupakan Sahabat Sejati sekaligus Juruselamat kita sampai selama – lamanya. Gbu us all. Amen

  6. Delfis
    Delfis says:

    * saya punya seorang sahabat, kita bertemu saat masuk kuliah. jurusan yang sama, kelas yang sama, begitu juga kos-an yang sama. saya bersyukur Tuhan memperkenalkan kami. Kita sangat dekat, sering SATE bareng, sharing banyak hal dan bedrdoa bersama. Dia banyak membantu saya, menegur saya jika ada hal “kurang baik” yang saya lakukan. Memang benar tidak ada yang tahu sampai kedalaman hati seseorang. tapi bagi saya sahabat saya yang satu ini adalah seorang yang paling tulus, jujur, takut Tuhan yang pernah saya temui.
    Kadang saya merasa “I’m not good enough as a best friend for him”. Saat kita sharing, semua hal baik/buruk yang kita lakukan itu yang kita bicarakan. Kadang saya merasa malu karena sepertinya saya yang paling sering melakukan hal yang kurang baik 😀 Dia selalu memotivasi saya untuk selalu hidup dalam hadirat Tuhan, menyerahkan diri sepenuhnya kepada Tuhan.
    * mungkin terdengar ekstrim tapi menurut saya seorang sahabat sejati itu adalah seorang yang menegur bahkan “menghajar” saya saat saya dengan kesombongan berlari menuju jurang kebinasaan.
    Bagi saya setiap orang yang saya temui adalah hadiah dari Tuhan, dimana saya bisa banyak belajar dari setiap dari mereka. orang yang baik atau tidak baik. Dan saya tidak berhak menentukan batasan-batasan bagi seseorang untuk menjadi sahabat saya karena saya percaya setiap orang ingin diterima sebagaimana adanya dia. Yang perlu saya tekankan disini yaitu bagaimana saya, apakah saya sendiri cukup baik untuk bersahabat dengannya. jadi tidak ada kriteria khusus bagi saya karena Tuhan Yesus pun menerima saya sebagai sahabatnya tanpa syarat. 🙂

  7. Angellia Karamoy
    Angellia Karamoy says:

    Sahabat sejati itu selalu ada saat sedih, susah, senang, gembira… Yang selalu menjadi penyemanga, selalu mendoakan kita. Yang selalu membuat kita tertawa kegelian. Yang selalu menolong disaat kita kesulitan. Disaat bertemu dan ngobrol dia membuat kita nyaman. Yg terpenting mengingatkan kita untuk terus berharap kepada Yesus, mengingatkan saat teduh dan mengingatkan untuk selalu ke gereja dan berdoa

  8. vika ajeng
    vika ajeng says:

    sahabat sejati belum tentu seseorang yang seiman atau berbeda keyakinan,asal mereka bisa menjadi contoh yang baik dan memberikan pandangan yang positif. kita bisa saling mengingatkan saat salah satu dari kami merasa bimbang dan jauh akan Tuhan. jadi seorang sahabat adalah mereka yang selalu menerima kita apa adanya tanpa harus melihat perbedaan. terimakasih Tuhan Yesus telah memberikan sahabat yang terbaik untuk saya.

  9. Riasandy Sandy
    Riasandy Sandy says:

    Thn Jesus lach sahabat sejati q…tdk ada yg lain.Dia sll setia n sll ada d setiap wktu

  10. suripto
    suripto says:

    sulit memang menemukan sahabat yg demikian, zaman sekarang gaget seolah2 yg menjadi sahabat sejati manusia, ego manusia makin tinggi, saya pribadipun juga merasa kurang menjadi sahabat yang terbaik. belajar menjadi sahabat yg baik bagi orang lain, seperti amsal 17:17. thanks uda ngingtin kita untuk menjadi sahabat yang baik

  11. Angel
    Angel says:

    sahabat sejati itu sahabat yang baik. seseorang yang slalu mau menjadikan sahabatnya lebih baik dr sebelumnya. seseorang yang berani menegur tanpa rasa “gak enakan” jika mengetahui sahabatnya salah. seseorang yang membuat iman semakin bertumbuh. seseorang yang slalu mensupport yg terbaik untuk sahabatnya.

  12. Mentari Sitorus Pane
    Mentari Sitorus Pane says:

    sahabat sejati itu mnurut saya keterikatan dari hati antara beberapa orang hingga sekelompok orang sehingga menciptakan sikap yang saling mengerti dan berujung saling membutuhkan,,hingga rela berkorban tanpa membutakan.

  13. samuel
    samuel says:

    sahabat sejati adalah shabat yg ada saat kita susah maupun senang, saat kita ada masalah, saat kita sedih memberikan kita semangat..
    sabahat memberikan kita pengertian n nasehat kalau kita salah..
    sahabat menegur kita dan mendorong kita dalam segala hal…
    sahabat itu kangenin n terbaik…

  14. melinda
    melinda says:

    menurutku sahabat sejati itu mau memerima orang itu apa adanya tanpa memandang harta, ras, dll dan mau berteman bukan hanya disaat senang saja tapi disaat susah, suka dan duka..

  15. Novia Andriani
    Novia Andriani says:

    sahabat sejati dlm hidup sdh pasti Tuhan Yesus dan orang yg mau mendengarkan segala curhatan kita dan memberikan masukan kpd kita walaupun itu sakit jika utk kebaikan kita itulah sahabat yg baik. dia tdk menjerumuskan sahabatnya ke hal2 negative dan mengingatkan sahabatnya utk kembali ke jalan yg benar jika sahabat tsb jatuh ke dlm dosa

  16. Samuel
    Samuel says:

    Sahabat sejati itu mereka yg bisa memberi kamu semangat untuk hidup lebih baik , mereka yg selalu mengerti apa yg kita butuhkan , mereka yg tidak akan pernah menghakimi kita , mereka yg tidak akan menghilang disaat kita susah , mereka yg tahu hari ulang tahun kita tanpa melihat notifikasi faceb*ok , mereka yg dengan rela mengorbankan semuanya buat kita

  17. steven
    steven says:

    Sahabat sejati itu adalah lo bisa aja nyamperin dan disamperin tanpa sebuah alesan yang jelas. Saat ketemu bahas yang lain or diem gt, mskipun tao ada yang digalauin or lagi bete. Kalo nanya dia gak mao jawab.

    Dia akan menegur lo kalo gw salah..ya malah bisa ampe brantem. Gak mao liat sahabat nya menjadi bahan ejekan or hinaan.

    Mungkin dia gak akan chatt lo or bales chat lo ampe seharian. Tp kalo dia bales lo or ajak chat itulah waktu yang terbaik yang dia siapkan.

    Bisa melakukan hal yang gokil bersama..malah bisa ke gereja bareng juga.. Sahabat sejati gw itu unik c..kadang susah dimengerti dan ditebak.

    Yang pasti gw selalu bertekad gw bisa memberikan support yang baik buat dia..secara fisik dan pikiran dan doa yang terbaik buat dia. Thx God..

  18. anita
    anita says:

    menurut saya ,sahabat sejati itu, yg slalu ada disaat kita susah dan senang
    tulus berteman
    saya punya sahabat seperti itu yaitu Tuhan Yesus
    dan ada juga sahabat saya yohana, theodora dan lidya namanya , mreka sahabat saya ketika saya sekolah
    dan sekarang saya kuliah, masi mencari cari sahabat yg bener2 sahabat sejati
    doain ya semua
    trimakasih

  19. Rebecca Linardi Oscar
    Rebecca Linardi Oscar says:

    sahabat itu simple, ada saat kita susah maupun saat kita senang
    sahabat itu tidak mlupakan kita saat dy mempunyai psangan atau pun teman lain
    dan sahabat itu hadir untuk kita saat kita ada msalah, kita curahin isi hati kita k dia dan jika mmg bnr” shbat, dy akan menegur &memarahi kita jika kita salah lalu menegakkan & mluruskan kmbali jalan kita, dy jg akan selalu mendengar,memberi solusi & jalan terbaik untuk kita.

  20. Gabriella Tudus
    Gabriella Tudus says:

    sahabat sejati itu
    1. mau menerima kekurangan&kelebihan sahabatnya
    2. melakukan apapun dengan kasih
    3. yang mau menegur sahabatnya jika dia ada salah
    manusia memang tak ada Sempurna tapi ada seorang yang sangat sempurna dan bisa menjadi sahabat kita setiap saat yaitu Yesus Kristus

  21. ardian
    ardian says:

    Sahabat SEJATI adl org yg yang ga pernah meninggalkan kita dalam kondisi apapun.. saat kita dlm keadaan bahagia,banyak berkat,dll mereka tetap ada dan di saat keadaan kita berduka,terpuruk,banyak pergumulan datang mereka jg tetap ada di sisi kita.. bahkan saat kita melakukan kesalahan,jatuh dlm dosa sekalipun mereka ada untuk me-support kita,memberi masukan pada kita,memberi hal-hal yg positif agar kita tdk melakukan ksalahan lg.. Kadang disinilah ujian sahabat sejati.. Banyak yg meninggalkan kita saat kita terjatuh,mereka ga mau terlibat dlm pergumulan kita.. Padahal kita jg ga mau melibatkannya tp kita cm butuh seseorg untuk tetap berada di sisi kita untuk selalu memberikan support.. Sosok sahabat SEJATI yg sebenarnya dan yg sempurna hanya ada di dlm Tuhan Yesus.. Dia yg ga pernah meninggalkan kita skalipun kita berbuat dosa.. Tuhan bukan benci kepada org yg berdosa tapi Tuhan benci dgn Dosa..

  22. Bella Novinda
    Bella Novinda says:

    Yesus selalu menjadi sahabat terbaikku sepanjang waktu,hanya Yesus yg selalu bersama ku dlm susah maupun senang ☺ Thank You Jesus

  23. Amelitha Aurelia
    Amelitha Aurelia says:

    sahabat sejati dalam pandangan sesama kita,adalah seorang kawan yang telah kita terima sebagai pribadi yang dekat dengan kita dalam kehidupan. Ia digambarkan sebagai penolong,sebagai pengasih,sebagai saudara yang sudah memenuhi hari-hari kita.Ia terlihat tertawa ketika kita tertawa dan menangis disaat kita menangis pula,ia tak mau melihat kita jatuh,ia akan selalu mendorong kita ke arah yang lebih baik,ia juga terlihat banyak berkorban,demi terus menjalin tali persahabatan dengan kita. Ia seperti buku harian pribadi kita,ketika banyak persoalan yang kita hadapi,ia menjadi wadah untuk menerima segala cerita rumit dalam hidup kita,ia sangat terbuka dan menerima kekurangan dan kelebihan kita. yang paling berharga ia tak pernah membiarkan kita untuk jauh dari Tuhan.

  24. Daniel Santosa
    Daniel Santosa says:

    Seorang sahabat sejati bagiku yaitu seorang yang mau menerima kekurangan kita dan bisa saling membantu untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Sehingga bisa menjadi next level bersama, punya sahabat itu penting sekali, sampai saat ini walau saya punya banyak teman tetapi susah sekali mencari sahabat yang tepat buat saya, sering yang saya kira dia bisa menjadi sahabat saya ternyata dia tidak menganggap seperti itu. Mungkin saya masih kurang peduli, kurang care sama orang tersebut. Aku yakin suatu saat nanti akan ada seoarang sahabat dalam hidupku ini.

  25. Mia Rosalina
    Mia Rosalina says:

    Sahabat sejati adlh shbt yang berani menegur sesamanya untuk kebenaran , saling menghargai walaupun beda keyakinan Dan selalu memotivasi yang “positif” bukan menunjukan kesesatan

  26. k_cleolv
    k_cleolv says:

    Sahabat sejati itu mereka yang mengasihi kita apa adanya, bkan ada apanya……entah mereka yang seiman atau tidak.

  27. sally
    sally says:

    Sahabat sejati itu ada dalam suka dan duka, menopang dan menguatkan kita di saat kita lemah. Jika kita salah, tidak ragu untuk menegur dan memberitahu kita agar kita bs segera berbalik ke arah yang benar. Sahabat sejati juga akan selalu care dan mengingat kita dalam doa2nya.

  28. Harris Kurniadi
    Harris Kurniadi says:

    Sahabat sejati adalah sahabat yg selalu ada dalam suka maupun duka seperti Tuhan Yesus Kristus yg selalu menemani hidupku kapan pun dan dimanapun aku berada

  29. maria
    maria says:

    menurut saya
    Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang berbahagia disaat sahabatnya mendapatkan kebahagiaan.

  30. sabila
    sabila says:

    sahabat sejati itu orang yng selalu ada disaat sahabat ny susah dab ada di saat ny bahagia bkn ny sahabat di saat dia tdk tidak membutuhkan kta di pergi brsama teman yng lain disaat dia susah dia dateng menghampiri kta dab sahabat yng menerima apa ada ny sahabat ny bkn ada ap ny @

  31. Gerald
    Gerald says:

    Sahabat sejati itu adalah Yesus sang juruslamat yang ga pernah berhenti untuk selalu membantu dan memberi berkat yang luar biasa.

  32. Yunina ullu
    Yunina ullu says:

    sahabat sejati itu orang yang selalu ada orang yang selalu menegur saat kita salah .. orang yang selalu mengasihi kita karena yang terpenting dari semua adalah KASIH

  33. desita
    desita says:

    mereka yang bisa membantu saya untuk menjadi dekat/bergantung dengan Tuhan. tulus dan tidak melestarikan budaya poles. tidak masalah jika ia tidak bisa menemani saya disetiap musim hidup, karna saya juga punya Yesus sehingga masalah apapun akan saya hadapi. saya berharap saya bisa menjadi yang tersebut diatas u/ sahabat sahabat saya.

  34. zanneta
    zanneta says:

    sahabat sejati menurut saya yaitu seseorang yang mampu menaruh kasih,yang berani menegur ketika melakukan tindakan yg memang pantas untuk ditegur,yang berani minta maaf ketika salah,yang slalu ada ketika dibutuhkan,yang menerima apa adanya..Dan puji Tuhan, saya merasakan apa arti “sahabat” itu.Saat ini saya benar benar menemukan orang2 yang slalu ada dan membuat saya nyaman berada diantara mereka.Apalagi ketika saya jauh dari ortu terkadang saya merasa sepi bahkan merasa saya itu sendiri tapi saya bersyukur Tuhan mempertemukan saya dgn mereka dan sàat itu saya mulai merasa tidak sendiri.Thanks God

  35. Precious MJ
    Precious MJ says:

    Sahabat sejati!
    Tuhan Yesus adalah sahabat sejati ku, semenjak aku masih dalam kandungan rahim ibuku sampai aku uda married. Aku belajar banyak melalui cerita perjalanan Nya Yesus di dalam alkitab. Aku mau mencontohi Yesus, menjadi sahabat 12 murid Yesus. Ada pencobaan Yesus gak pernah meninggalkan 12 murid atau sahabatnya demi kepentingan diri Nya sendiri. Susah banget nemuin teman yg setia seperti Yesus. AKU MAU SEPERTI YESUS, memberkati teman-teman, menjadi pendengar yang setia, rela berkorban untuk teman, mengasihi dengan segenap hati.
    Tuhan Yesus Memberkati kita semua

  36. ZDR
    ZDR says:

    Menurut saya, SAHABAT yg baik itu tdk prnh mengolok olok atau mengejek ejek SAHABAT nya sendiri, dan saya sudah prnh merasakan hal seperti itu, dia mengolok olok saya saat kami sedang sekolah!!!

  37. Nali
    Nali says:

    Sahabat sejati itu adalah sahabat yang selalu ada dalam suka duka, yang selalu mendengar Curahan Hati sahabatnya dan tidak memalingkan wajahnya ketika sahabatnya berbicara, karna arti persahabatan yang indah itu adalah ketika segala yang rumit bisa di lalui bersama, canda Tawa bisa dirasakan, bukan ketika canda tawa dirasakan sahabat yang satunya tetapi sahabat yang lain sedang ada dalam kesedihan
    TUHAN Memberkati O:)

  38. Celvin pebrian
    Celvin pebrian says:

    Sahabat Sejati Menurut Qu Si.. Sahabat Yg Bisa Di Andalkan.. Sahabat Yg Sllu Ada Di Saat Kita Susah, Seneng, Atau Bahakan Terpuruk Sekali Pun.. Sahabat Sejati Juga Sllu Ada Di Saat Kita Menderita Di Saat Orng Lain Menjatuhkan Kita.. Sahabat Sejati Juga Bisa Memberi Masukin Atas Smua Kesalahan Kita.. Sahabat Sejati Itu Ng Pernah Sungkan Atas Smua Ny.. Tdk Pernah Bisa Melupakan SahabatNy WalauPun Dy Sudh Pergi Dn Ta Kan Kembaali Lgi..

  39. Dhian Almira
    Dhian Almira says:

    Sahabat sejati itu adalah seseorang yang bisa mengimbangi, mengerti & menyayangi kita setulus hati

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *