Kebaikan Hati Allah

Minggu, 2 Agustus 2015

Kebaikan Hati Allah

Baca: Roma 5:1-11

5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.

5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah.

5:3 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,

5:4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

5:6 Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah.

5:7 Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar–tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati–.

5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!

5:11 Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu.

Anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. —Yakobus 1:2

Kebaikan Hati Allah

Roger telah melewati masa-masa yang sangat sulit. Ia pernah menjalani operasi jantung untuk memperbaiki katup yang bocor. Lalu, dua Minggu kemudian, para dokter mengoperasinya lagi karena ia mengalami komplikasi. Baru saja Roger memulai pemulihan lewat terapi fisik, ia mengalami kecelakaan saat bersepeda dan tulang selangkanya patah. Di waktu yang sama, kesedihan menghantam Roger karena ibunya meninggal dunia. Ia pun merasa patah semangat. Ketika seorang teman bertanya apakah ia melihat campur tangan Allah dalam hal-hal yang kecil sekalipun, Roger mengakui bahwa ia tidak merasakannya sama sekali.

Saya menghargai kejujuran Roger. Perasaan kecewa atau ragu juga menjadi bagian dari hidup saya. Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Rasul Paulus berkata, “Kita pun gembira di dalam penderitaan, sebab kita tahu bahwa penderitaan membuat orang menjadi tekun, dan ketekunan akan membuat orang tahan uji; inilah yang menimbulkan pengharapan” (Rm. 5:3-4 BIS). Namun hal itu tidak berarti bahwa kita akan selalu merasakan kegembiraan di tengah penderitaan. Mungkin yang kita butuhkan hanyalah seseorang yang mau duduk di sebelah kita dan mendengarkan curahan hati kita, dan untuk berbicara kepada Allah. Terkadang kita perlu melihat kembali masalah yang ada di masa lalu sebelum kita menyadari bahwa iman kita telah bertumbuh di sepanjang beragam ujian dan keraguan yang kita alami.

Dengan memahami bahwa Allah ingin memakai berbagai kesulitan hidup untuk menguatkan iman kita, kita dapat ditolong untuk mempercayai kebaikan hati Allah atas kita. —Anne Cetas

Bagaimana Allah telah memakai ujian dan pencobaan untuk membentuk hidupmu? Apakah kamu belajar untuk semakin mempercayai Dia?

Terkadang Allah mengizinkan persoalan terjadi di dalam hidup ini agar kita semakin mempercayai Dia.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 60–62; Roma 5

Bagikan Konten Ini
15 replies
  1. Tabitha Kurniawan
    Tabitha Kurniawan says:

    Amin.
    Jadikanlah penderitaan sebuah pengalaman berharga, krn dgn itu kita bisa semakin bergantung harap pada Tuhan.

  2. Gaby Tulandi
    Gaby Tulandi says:

    orang tuaku bilang aku gak punya faktor luck, aku jadi susah diterima di perguruan tinggi negeri. tapi terlebih dari segalanya, aku punya Bapa yang luar biasa! 🙂

  3. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Tuhan Allah bapa kami Yesus Kritus Tuhan kita yang bertahta didalam kerajan surga,kami sungguh merasakan atas segala kebaikanmu yang engkau telah berikan didalam hidup kami ditengah kami menghadapi pergumulan atas segala persoalan didalam kehidupan kami sekeluarga,kami hanya dapat mempersembahkan ucapan puji dan sembah syukur kepadamu Tuhan Yesus atas segala kebaikanmu dan pertolongan yg begitu nyata yg kami rasakan didalam kehidupan kami sekeluargha saat ini,terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  4. Fery Juliawan
    Fery Juliawan says:

    penderitaan menimbulkan ketekunan, ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan PENGHARAPAN….. pengharapan terhadapa Tuhan YESUS tidak akan pernah sia-sia…… Amin

  5. Bryan Lontoh
    Bryan Lontoh says:

    Amen,
    jika dibandingkan dengan kehidupannya saya,saya sering mengalami berbagai pergumulan,entah itu dirumah ataupun diluar rumah,tapi saya mulai Bersyukur semenjak saya sering diperhadapi dgn berbagai masalah,entah kenapa saya begitu yakin bahwa saya akan dikuatkan,,
    Hadapilah segala masalah atau tantangan yg di depan kita,Percayalah bahwa Tuhan selalu punya tujuan dibalik itu,

  6. RocknRoll Erick
    RocknRoll Erick says:

    Terima Kasih Tuhan Yesus untuk semua yang telah Engkau berikan dalam hidup ku. terkadang sebagai manusia biasa aku tidak sanggup untuk menjalani semua masalah yang menurutku tidak sanggup untuk aku tanggung sendiri. terkadang pula dengan masalah yang aku hadapi ini aku menyalahkan orang lain, karena pikirku semua karena mereka makanya masalah ini terjadi padaku. tapi aku tau Engkau tidak akan pernah memberikan cobaan melebihi kekuatanku. Terima Kasih Tuhan Yesus, walaupun orang-orang yang kukasihi pergi meninggalkanku tapi aku tau Engkau tidak pernah meninggalkanku. Tangan-Mu selalu menopangku agar aku dapat melalui semuanya. Terima Kasih Tuhan Yesus. Amin

  7. Elsaday
    Elsaday says:

    Puji Tuhan.. Terimakasih sudah diingatkan. Tuhan selalu ada dalam setiap pergumulanku, dan tidak pernah sekalipun aku dibiarkan jatuh sampai tergeletak.
    Pergumulanku dalam Tuhan ada pengharapan yg tidak sia-sia! God bless..

  8. Meliana Sitanggang
    Meliana Sitanggang says:

    Pencobaan2 yg kita terima adalah pencobaan yg biasa, yg tdk akan melampaui kekuatan kita. Tuhan beserta kita! 🙂

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *