Jangan Khawatir!

Selasa, 14 April 2015

Jangan Khawatir!

Baca: 1 Petrus 5:1-11

5:1 Aku menasihatkan para penatua di antara kamu, aku sebagai teman penatua dan saksi penderitaan Kristus, yang juga akan mendapat bagian dalam kemuliaan yang akan dinyatakan kelak.

5:2 Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri.

5:3 Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.

5:4 Maka kamu, apabila Gembala Agung datang, kamu akan menerima mahkota kemuliaan yang tidak dapat layu.

5:5 Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati."

5:6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

5:9 Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

5:10 Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya.

5:11 Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. —1 Petrus 5:7

Jangan Khawatir!

George Burns, seorang aktor dan humoris asal Amerika Serikat, berkata, “Kalau kamu bertanya, ‘Apakah kunci utama untuk hidup panjang umur?’ Saya akan menjawab: jangan khawatir, stres, dan tegang. Kalau pun kamu tidak bertanya kepada saya, saya tetap akan mengatakannya.” Burns, yang hidup hingga usia 100 tahun, suka sekali membuat orang lain tertawa, dan rupanya ia mengikuti nasihatnya sendiri.

Namun bagaimana kita dapat menjauhi kekhawatiran, padahal hidup kita begitu tidak pasti, penuh dengan beragam masalah dan kebutuhan? Rasul Petrus memberi penguatan berikut kepada para pengikut Yesus yang terpaksa harus tersebar ke berbagai tempat di Asia pada abad pertama: “Rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu” (1Ptr.5:6-7).

Perintah Petrus tidak diberikan untuk menolong kita menghindari penderitaan (ay.9), tetapi supaya kita dapat menemukan kedamaian dan kekuatan untuk berdiri teguh dan menang menghadapi serangan Iblis (ay. 8-10). Alih-alih diliputi oleh kegelisahan dan kekhawatiran, kita telah dimerdekakan untuk menikmati kasih Allah kepada kita dan untuk menunjukkan kasih itu kepada satu sama lain.

Tujuan kita bukanlah untuk melihat berapa lama kita akan hidup, melainkan untuk hidup sepenuhnya dalam pelayanan kasih kepada Tuhan di sepanjang usia yang diberikan kepada kita. —David McCasland

Tuhan, aku mengakui bahwa aku suka mengandalkan diri sendiri dan menjadi khawatir. Hal itu membebani jiwaku dan terkadang membuatku tidak bisa tidur di waktu malam. Angkatlah beban itu dari hatiku saat aku bersandar pada-Mu.

Allah itu Bapaku, Dia mengasihiku, dan aku yakin tak ada sesuatu pun yang dilupakan oleh-Nya. Jadi, mengapa aku harus khawatir? —Oswald Chambers

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 25-26; Lukas 12:32-59

Bagikan Konten Ini
29 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Yah Tuhan Allah bapa kami Yesus Kristus yang berada didalam kerajaan surga, tolonglah kami dan berikanlah jalan bagi kami agar dapat mengatasi pergumulan hidup keluarga kami saat ini, hanya padamulah kami berserah dan menyerahkan seluruh pergumulan hidup kami saat ini,terimah kasih Tuhan Yesus, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  2. Christopher Zega
    Christopher Zega says:

    Kita semua sudah milik Allah, apalagi yang kita takutkan?
    Syalom semuanya, selamat menjalankan aktivitas. Tuhan memberkati

  3. Kosianna Ambarita
    Kosianna Ambarita says:

    Terimakasi tuhan kami ucapkan kepadamu pada pagi hari ini ajari kami tuhan agar kami tau menyerahkan diri kami kepadamu setiap saat terpujilah namamu tuhan amin.

  4. elna
    elna says:

    serahkan segala kekhawatiran ke tangan Tuhan dan kita cukup mengerjakan apa yang menjadi bagian kita, selanjutnya adalah kehendak Tuhan

  5. Ray Alamako
    Ray Alamako says:

    Renungan yg indah. Terima kasih Tuhan karena melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kami. Kami tidak perlu khawatir. Hakuna matata..

  6. Yohanes Rinaldi
    Yohanes Rinaldi says:

    Apapun masalahmu tolong semua serahkan kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Mau senang sedih atau dalam keadaan apapun jangan lupa dengan Yesus biar rencana Tuhan yang berjalan dalam hidup kita.. Tuhan tidak akan memberikan cobaan yang kita tidak sanggup jadi janganlah kamu kuatir..

  7. praise
    praise says:

    jangan khawatir, stress, dan tegang, hadapi lika liku hidup ini dengan senyuman dan bersandarlah hanya kepada-Nya karna Dialah yg memberikan kekuatan dan penghiburan kepada kita. mari kita hidup hanya untuk memuliakan namaNya. Gbu!

  8. Joice
    Joice says:

    Betapa kedagingan kami lemah. Utk itu Bapaku mampukan kami menjadi kuat dan setia hingga tiba waktu kami bertemu denganMu … amin

  9. Tabita Wiwid
    Tabita Wiwid says:

    hanya dengan bersandar kepada Tuhan… kudapati kekuatan baru… Tuhanlah sumber jawaban… percaya… percaya… percaya hanya pada Tuhan.

  10. Yonathan Susanto
    Yonathan Susanto says:

    Kekhawatiran bukanlah solusi, melainkan hidup teguh dalam iman, pengharapan dan kasih pada Allah merupakan solusi yang tepat. Tuhan memberkati.

  11. Rakyan Rena
    Rakyan Rena says:

    Tuhan menjaga kita sepanjang waktu, mengapa kita harus khawatir?
    Thanks renungannya, sangat menguatkan ^^

  12. Stella S
    Stella S says:

    Pas banget sama pergumulan sy akhir2 ini yang suka banyak kuatir. Sangat memberkati renungan nya 🙂

  13. SULAMYA JOSEPH
    SULAMYA JOSEPH says:

    Tuhan,trima kasih..beban apapn kmi pikul,mgingatkn kmi ttng salib yg hrus kmi pikul,seberat apapn kmi maw berserah penuh d berharap hya pdMu…AMEN

  14. Amin, i'll never walk alone for Lord Jesus
    Amin, i'll never walk alone for Lord Jesus says:

    I’ll never walk alone for Jesus always Besides me
    Do not be afraid. GBU ALL

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *