Itu Milikku!

Minggu, 12 April 2015

Itu Milikku!

Baca: Yehezkiel 29:1-9

29:1 Pada tahun kesepuluh, dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal dua belas bulan itu, datanglah firman TUHAN kepadaku:

29:2 "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Firaun, raja Mesir dan bernubuatlah melawan dia dan melawan seluruh Mesir.

29:3 Berbicaralah dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku menjadi lawanmu, hai Firaun, raja Mesir, buaya yang besar, yang berbaring di tengah anak-anak sungaimu, yaitu Nil, dan yang berkata: Sungai Nil aku punya, aku yang membuatnya.

29:4 Aku akan mengenakan kelikir pada rahangmu dan membuat ikan dari anak-anak sungaimu berlekatan pada sisikmu. Aku akan mengangkat engkau dari tengah anak-anak sungaimu dengan segala ikannya yang berlekatan pada sisikmu

29:5 dan Aku akan melemparkan engkau ke padang gurun, ya, engkau dengan segala ikan anak-anak sungaimu. Engkau akan jatuh di padang dan tidak akan dipungut atau dikubur. Aku memberikan engkau menjadi makanan binatang-binatang liar dan burung-burung di udara.

29:6 Dan semua penduduk Mesir akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN. Oleh karena engkau ibarat tongkat bambu bagi kaum Israel:

29:7 pada saat mereka memegang engkau dengan tangan, engkau patah terkulai dan engkau melukai bahu mereka semua; dan waktu mereka bertopang padamu, engkau patah dan engkau membuat mereka semua terhuyung-huyung.

29:8 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku mendatangkan pedang atasmu dan melenyapkan manusia dan binatang dari padamu,

29:9 sehingga tanah Mesir akan menjadi sunyi sepi dan menjadi reruntuhan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN. Oleh karena engkau berkata: Sungai Nil aku punya, aku yang membuatnya,

Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku. —Yesaya 42:8

Itu Milikku!

Sungai Nil di Afrika, yang membentang sepanjang 6.650 km dan mengalir ke utara melintasi beberapa negara di timur laut Afrika, adalah sungai terpanjang di dunia. Selama berabad-abad, sungai Nil telah menjadi sumber pangan dan mata pencaharian bagi jutaan orang di negara-negara yang dilaluinya. Saat ini, Etiopia sedang membangun bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Afrika pada sungai Nil. Hal itu akan membawa manfaat yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat di daerah tersebut.

Firaun, raja Mesir, mengaku dirinya sebagai pemilik dan pembuat sungai Nil. Ia dan seluruh Mesir menyombongkan diri, “Sungai Nil aku punya, aku yang membuatnya” (Yeh. 29:3,9). Mereka menolak untuk mengakui bahwa hanya Allah yang menjadikan sumber daya alam. Akibatnya, Allah berjanji akan menghukum bangsa itu (ay.8-9).

Sudah sepatutnya kita memelihara alam ciptaan Allah, dengan tidak melupakan bahwa segala yang kita miliki berasal dari Tuhan. Roma 11:36 menyatakan, “Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!” Dialah Sang Pencipta yang juga mengaruniakan kepada umat manusia kemampuan untuk menemukan dan membuat sumber daya buatan manusia. Kapan saja kita berbicara tentang kebaikan yang telah kita alami atau prestasi yang kita capai, kita perlu mengingat firman Allah dalam Yesaya 42:8, “Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain.” —Lawrence Darmani

Puji Tuhan Allah, Allah Israel, yang dengan kuasa-Nya sendiri menciptakan hal-hal yang demikian luar biasa. Terpujilah nama-Mu yang agung selamanya! Kiranya seluruh bumi dipenuhi kemuliaan-Mu.

Terpujilah Allah, hikmat-Nya besar!

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 19-21; Lukas 11:29-54

Photo credit: Indivien / Foter / CC BY-NC

Bagikan Konten Ini
9 replies
  1. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Haleluya, terpujilah namamu bapaku Tuhan Yesus Kristus yang berada didalam kerajaan surga, yang telah memberikan berkat kepada kami sekerluarga didalam menikmati segala ciptaanmu didunia ini, kiranya dihari minggu yang indah dari pemberianmu ini, kami dapat engkau tuntun dan bimbing kami didalam menjalankan kehidupan yg engkau telah berikan kepada kami,terima kasih Tuhan Yesus, Amin,

  2. Marsinta Hutabarat
    Marsinta Hutabarat says:

    Terpujilah Allah sang pencipta…hanya Engkau yg layak ditinggikan, janganlah bermegah/tinggi hati dg apa yg kita miliki krn itu semua pemberian Allah yg agung dan maha kuasa… Engkaulah Raja ku… Amin.

  3. leo
    leo says:

    kemampuan manusia untuk menciptakan alat2 canggih pun merupakan karya Tuhan melalui manusia. Tuhanlah yg memberikan kepintaran itu bagi manusia. Praise the Lord

  4. Feri Aripin
    Feri Aripin says:

    bumi dan seluruh isinya adalah ciptaan ALLAH jangan pernah ada manusia yg menyangkalnya

  5. Elsaday
    Elsaday says:

    Bersyukur atas apa yg telah Tuhan sediakan untuk hidup kita.
    trimakasih atas berkat-Nya. God bless..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *