Bisakah Kamu Membantu?

Kamis, 20 November 2014

Bisakah Kamu Membantu?

Baca: Yakobus 2:14-20

2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia?

2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari,

2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: "Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!", tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?

2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

2:18 Tetapi mungkin ada orang berkata: "Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan", aku akan menjawab dia: "Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku."

2:19 Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar.

2:20 Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong?

Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. — Yakobus 2:17

Bisakah Kamu Membantu?

Pengurus suatu Sekolah Menengah Atas di Barrow, Alaska, telah jenuh melihat 50 persen dari murid mereka terjerumus masalah hingga harus berhenti sekolah. Untuk membuat para siswa tetap tertarik bersekolah, mereka membentuk sebuah tim sepakbola. Tim itu akan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengembangkan keterampilan diri, kerja sama tim, dan berbagai pelajaran-pelajaran tentang hidup. Akan tetapi, kegiatan sepakbola di Barrow menemui hambatan karena sulitnya membuat lapangan dari rumput di tengah iklim dingin yang mereka alami sepanjang tahun. Akibatnya, para siswa harus bertanding di atas lapangan yang dipenuhi dengan kerikil dan debu tanah.

Di Florida, sekitar 6.500 km dari Barrow, Cathy Parker mendengar tentang keadaan tim sepakbola itu dan lapangan mereka yang berbahaya. Karena merasa bahwa Allah menggerakkan dirinya untuk menolong, serta terkesan oleh perubahan positif yang dialami para siswa di sana, ia mulai mencari jalan. Kurang lebih setahun kemudian, sekolah itu telah mempunyai sebidang lapangan baru dengan permukaan rumput buatan yang cantik. Cathy berhasil mengumpulkan ribuan dolar untuk membantu anak-anak yang sama sekali tidak dikenalnya.

Yang penting di sini bukanlah soal sepakbola—atau uang. Ini soal mengingat untuk “berbuat baik dan memberi bantuan” (Ibr. 13:16). Yakobus mengingatkan bahwa iman kita terlihat nyata melalui perbuatan kita (2:18). Kebutuhan di dunia kita ini begitu beragam dan banyak, tetapi ketika kita mengasihi sesama kita seperti diri sendiri, seperti yang dikatakan Yesus (Mrk. 12:31), kita akan dapat menjangkau dengan kasih Allah. —JDB

Bukalah mata kami, ya Bapa, bagi mereka yang membutuhkan.
Biarlah kami menemukan cara untuk membantu mereka, baik berupa
uang atau hal lainnya. Tolong kami untuk tidak menaruh perhatian
pada diri sendiri, tetapi pada mereka yang perlu bantuan kami.

Buka hatimu kepada Allah untuk belajar berbelas kasih dan buka tanganmu untuk memberi pertolongan.

Bagikan Konten Ini
7 replies
  1. melvin.tobondo @yahoo.co.id
    melvin.tobondo @yahoo.co.id says:

    Haleluya, terpujilah namamu bapa disurga yg telah menyadarkan kami akan buah2 rohmu yg kudus dalam kehidupan kami untuk selamanya mau melaksanakan kehidupan ini sesuai dengan kehendakmu, Amin.

  2. suripto
    suripto says:

    Yes, arti perbuatan adalah perbuatan yang menyatakan berkat Tuhan, sehingga kita memiliki mental memberkati

  3. Rynaldi
    Rynaldi says:

    Benar, terkadang kita berpikir kalau hanya dengan iman saja kita sudah benar.
    Memang benar kalau iman itu menyelamatkan kita, namun perlu pula disertai perbuatan-perbuatan kita yang nyata dalam hidup kita sehari-hari. Orang-orang lain, terutama yang mungkin belum percaya, tidak langsung dapat melihat bagaimana iman yang ada dalam diri kita, namun mereka dapat melihat perbuatan kita. Ketika perbuatan kita memang sesuai dengan iman kita, maka kita dapat memuliakan nama Allah.
    Amin
    God Bless us 🙂

  4. elhainun
    elhainun says:

    Banyak sekali cara Tuhan untuk menegurku agar berbalik padaNya,salah satunya dgn ini.trimakasih…biarlah kiranya org mengenal Yesus penebus kita dr iman dan perbuatan kita.GBU

  5. Richard
    Richard says:

    Hai, syalom. Makasih untuk saat teduhnya. Hanya sedikit klarifikasi, tim yang dibentuk bukan sepak bola. Melainkan American Football, yang menggunakan bola berbentuk oval.
    Terima kasih. Gbu always

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *