Ulasan Buku: Hasrat & Kekudusan

Info

Oleh: Juni Liem

Passion and Purity

Judul : Passion & Purity (Hasrat dan Kekudusan)
Penulis : Elisabeth Elliot
Tebal : 217 halaman
Penerbit : Pionir Jaya

Sepertinya topik tentang cinta tidak akan pernah habis dimakan waktu. Setiap orang rasanya pernah bergumul akan masalah ini. Hampir setiap film maupun sinetron mengangkat topik ini. Cinta kepada keluarga, cinta kepada teman, cinta kepada negara, cinta kepada entah siapapun dan apapun itu. Tetapi apa yang digambarkan sebagai “cinta” dalam berbagai media ternyata berbeda dengan “cinta” yang diajarkan oleh Tuhan kepada kita.

Inilah yang disadari dan kemudian dituangkan oleh Elisabeth Elliot dalam bukunya, Passion and Purity (Hasrat dan Kekudusan). Jauh dari kalimat-kalimat teoritis, tulisan Elisabeth berbicara tentang pergumulan yang nyata-nyata ia alami selama menjalin hubungan dengan Jim Elliot, kekasih yang kemudian menjadi suaminya. Sejak berkenalan, mereka berdua berkomitmen untuk menyerahkan semua aspek hubungan mereka kepada Tuhan dan menjaga kekudusan hidup mereka di hadapan Tuhan. Tekad itu tak lantas membuat hubungan mereka bebas dari masalah. Melalui kutipan-kutipan dari buku hariannya dan surat-surat Jim yang dibagikan dalam buku ini, Elisabeth mengajak pembaca masuk dalam kehidupan pribadinya dan melihat bagaimana Firman Tuhan menolongnya menghadapi tiap tantangan yang melanda perjalanan cintanya.

Saya pikir, buku ini sangat baik dibaca baik oleh mereka yang sudah punya pasangan, maupun mereka yang masih lajang. Pesannya sangat relevan baik bagi pria maupun wanita. Kita ditolong untuk belajar untuk menempatkan Kristus sebagai prioritas utama dalam hidup kita dan membawa kehidupan cinta kita di bawah kendali-Nya. Kita dimotivasi untuk menyerahkan hasrat manusiawi kita agar dimurnikan Allah dalam api penyucian-Nya.

Buat teman-teman yang pernah baca buku I Kissed Dating Goodbye tulisan Joshua Harris, jangan lewatkan kata pengantar Joshua yang mengawali buku ini ya… =) Lalu, buat yang belum tahu siapa itu Jim Elliot, beliau adalah tokoh yang sangat menarik untuk kita kenal dalam sejarah misi. Jim adalah salah satu dari lima misionaris yang ditombak mati ketika berusaha memberitakan Injil kepada orang-orang dari suku Aucas di pedalaman Ekuador (kamu bisa nonton kisah Jim dan teman-temannya dalam film End of Spears – ed.).

Tentang Penulis
Elisabeth Elliot adalah pembicara, pengajar radio yang popular, dan pengarang lebih dari dua puluh lima buku yang disukai banyak pembaca. Misalnya: Through Gates of Splendor, Shadow of the Almighty, Keep a Quiet Heart, dan The Journals of Jim Elliot. Setelah kematian Jim, Elisabeth akhirnya menikah lagi. Kini ia bersama suaminya, Lars Gren, tinggal di Massachusetts.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Pena Kamu, Ulasan Buku

2 Komentar Kamu

  • Buku yang sangat menarik, dan wajib bagi seseorang yang masih lajang dan yg telah menikah membaca buku seperti diatas, karena meraugi bahtera rumah tangga, terkadang banyak permasalahan yang selalu menimpa, tapi dengan membaca buku seperti diatas permaasalahan – permasalahan diatas bisa dilalui..gbu

  • boleh tahu, dimana beli buku ini?di Medan agak jarang kayaknya.hehehe

Bagikan Komentar Kamu!