Ulasan Buku: Memahami Perbedaan

Info

Oleh: Samuel Sindhunata

sampul-mbkm

Judul: Muslim Bertanya, Kristen Menjawab
Penerbit: Elex Gramedia
Penulis: Christian W. Troll
Ukuran: 14 X 21 cm
Tebal: 268 hlm
 

Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Seperti judul yang tertera pada sampul, isinya adalah pertanyaan-pertanyaan dari saudara-saudara muslim tentang kebenaran ajaran Kristen. Buku ini ditulis oleh Christian W.Troll, seorang profesor yang mendalami hubungan antara kepercayaan Islam-Kristen, untuk memberikan panduan agar kaum Muslim dan Kristen dapat makin saling memahami cara pandang masing-masing. Dialog-dialog antar kedua kelompok sudah banyak dilakukan. Namun, jika kamu ingin sungguh-sungguh memahami kelompok yang berbeda sekaligus mengokohkan keyakinanmu sendiri, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan membaca buku ini.

Membangun dialog, tidak berarti mengaburkan perbedaan antara kedua keyakinan. Sebagai warga negara Indonesia yang hidup di tengah kemajemukan agama, memahami perbedaan justru sangat penting untuk menghindari pertikaian yang tidak perlu. Buku ini mengajak kita berpikir kritis agar dapat menjadi saksi Kristus yang membawa damai di tengah dunia. Tidak asal membuat komentar tentang keyakinan yang berbeda, apalagi menjelek-jelekkan dan memicu kerusuhan yang bisa merugikan kita sendiri.

Kedua belas bab dalam buku ini masing-masing tersusun secara sistematis. Dimulai dengan pertanyaan dari kelompok muslim dan pemaparan perspektif mereka, kemudian diikuti dengan perspektif dan jawaban kelompok Kristen. Pembaca akan ditolong untuk memahami apa saja yang dipertanyakan kaum muslim, sekaligus diberi contoh bagaimana menjelaskan iman Kristen dengan cara yang bijak dan tidak menyinggung perasaan mereka. Menariknya, banyak pembaca muslim yang juga telah membaca dan mendapati bahwa buku ini dapat menjadi bahan bacaan yang baik bagi penganut beragam kepercayaan yang ingin saling memahami dan hidup berdampingan secara damai. Penasaran? Baca yuuuk…. =)

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Artikel

Ayo berikan komentar yang pertama!

Bagikan Komentar Kamu!