Bukan Berpusat Pada Diriku

Info

Oleh: Juni Liem

its_not_about_me_thumb

Judul: It’s Not About Me
[Bukan Berpusat Pada Diriku]
– Edisi Kaum Muda

Penulis: Max Lucado
Tahun Terbit: 2012
Jumlah Halaman: 152
Penerbit: Katalis Media

 

Dahulu manusia beranggapan kalau bumi adalah pusat dari tata surya, tetapi mereka harus menerima fakta bahwa apa yang mereka yakini selama ini adalah salah. Copernicus, seorang ilmuwan pada abad ke-16 menemukan bahwa sebenarnya matahari adalah pusat dari tata surya dan bumi hanya mengitarinya. Rasanya sangat tidak enak kalau harus mengubah apa yang telah diyakini selama ini. Menerima fakta yang memutarbalikkan apa yang kita yakini itu begitu sulit. Kita lahir dengan kecenderungan menjadi manusia yang egois, manusia yang mau menjadi nomor satu, manusia yang menganggap bahwa pusat dari hidup itu adalah dirinya sendiri. Tetapi kenyataannya adalah, pusat hidup ini bukanlah kita, melainkan Tuhan.

Apa yang akan terjadi ketika kita memainkan peranan yang sesungguhnya dipercayakan Tuhan kepada kita? Ibarat bulan. Bulan tidak mempunyai cahaya apapun. Tetapi dalam posisi yang tepat, bulan dapat memantulkan cahaya. Cahaya itu bukan dari dirinya sendiri. Mataharilah yang membuat bulan itu bercahaya. Seperti bulan, kita pun hanya dapat bercahaya ketika Tuhan yang adalah pusat kehidupan kita memberikan cahaya-Nya kepada kita.

Perubahan fokus hidup inilah yang diangkat Max Lucado di dalam bukunya, It’s Not About Me. Buku ini dibagi dalam dua bagian besar, yaitu: Merenungkan Tuhan dan Mempromosikan Tuhan. Bagian pertama mengajak kita untuk memikirkan tentang siapa Tuhan dan mengapa Dia adalah pusat dari hidup ini. Bagian kedua mengajak kita untuk memikirkan bagaimana menjalani hidup yang berpusat pada Tuhan. Dengan gaya berceritanya yang khas dan bahasanya yang sederhana, Max tidak sekadar berteori tentang mengutamakan Tuhan. Ia memaparkan pengalaman pribadi serta kesaksian dari sejumlah anak muda yang telah mengubah fokus hidup mereka. Menutup setiap bab, ia juga mendorong pembaca untuk memikirkan penerapan praktis dari apa yang telah dibaca, serta menjawab pertanyaan jurnal yang ada di bagian akhir buku ini.

Meski bertajuk “edisi kaum muda”, buku ini mengangkat prinsip yang penting bagi segala usia. Entah kamu sedang mencari bacaan pribadi, kado buat sahabat, atau materi yang ringan tapi berbobot untuk persekutuan, buku ini bisa menjadi salah satu pilihan yang layak kamu pertimbangkan.

 

Tentang Max Lucado
MAX LUCADO adalah penulis yang sangat inspiratif. Selama seperempat abad ini, ada sekitar 65 juta bukunya yang dinikmati orang di seluruh penjuru dunia. Tiga karyanya: Just Like Jesus, In The Grip of Grace, When God Whisper Your Name, mendapatkan penghargaan sebagai buku kristiani terbaik di Amerika dari Evangelical Christian Publishers Association. Max juga melayani sebagai pengkhotbah di Oak Hills Church di San Antonio.

facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori 03 - Maret 2014: Mulutmu Harimaumu, Pena Kamu, Tema 2014, Ulasan Buku

Ayo berikan komentar yang pertama!

Bagikan Komentar Kamu!