Pengikut Plin-Plan

Info

Published: May 31, 2013 | By admin

Posted in: Santapan Rohani, SaTe Kamu

Tagged as:

|

Jumat, 31 Mei 2013

Pengikut Plin-Plan

Baca: Yohanes 12:12-19;19:14-16

“Jangan takut, hai puteri Sion, lihatlah, Rajamu datang, duduk di atas seekor anak keledai.” —Yohanes 12:15

Opini publik memang dapat berubah dengan sangat cepat! Ketika Yesus masuk ke Yerusalem untuk merayakan Paskah, Dia disambut kerumunan orang yang menyoraki-Nya dan hendak menjadikan-Nya raja (Yoh. 12:13). Namun di akhir minggu itu, orang banyak justru menuntut agar Dia disalibkan (19:15).

Saya melihat diri saya sendiri termasuk dalam kerumunan orang yang plin-plan itu. Saya suka menyoraki tim yang menang, tetapi minat saya pun meredup ketika mereka mulai kalah terus. Saya senang menjadi bagian dari suatu gerakan yang baru dan menarik, tetapi ketika gerakan itu mulai kehilangan pesonanya, saya pun tidak ragu untuk meninggalkannya. Saya suka mengikut Yesus ketika Dia melakukan perkara-perkara yang mustahil. Namun saya menyelinap pergi ketika Dia mengharapkan saya untuk melakukan sesuatu yang sulit. Memang menyenangkan mengikut Yesus ketika saya dapat menjadi bagian dari kelompok yang “sedang di atas angin”. Begitu mudah mempercayai-Nya ketika Dia mempermalukan orang-orang cerdas dan menjungkirbalikkan orang-orang yang berkuasa (lihat Mat. 12:10; 22:15-46). Akan tetapi ketika Dia mulai berbicara tentang penderitaan, pengorbanan, dan kematian, saya pun menjadi ragu.

Saya suka membayangkan bahwa waktu itu saya pasti akan mengikut Yesus sampai ke salib—tetapi saya sendiri tak yakin. Jika di tempat-tempat “aman” saja saya tak berani membela diri-Nya, bagaimana mungkin saya akan melakukannya di tengah kerumunan lawan-Nya?

Betapa saya bersyukur bahwa Yesus mati bagi para pengikut yang plin-plan ini sehingga kita bisa menjadi pengikut-Nya yang setia. —JAL

Untuk Direnungkan Lebih Lanjut
Bacalah ayat-ayat berikut dan renungkanlah kasih Yesus bagi Anda
(Rm. 5:8; Rm. 8:37-39; Ibr. 13:5-6,8; 1Yoh. 3:1).
Biarlah kesetiaan Anda kepada-Nya semakin bertambah.

Kristus layak diikuti dengan sepenuh hati.

Share

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

1 Komentar Kamu

  • di jaman yang semakin jahat ini, mari kita semakin setia mengikut Yesus. karna hanya dialah yang mampu selamatkan kita dari semua kebinasaan oleh kuasa jahat yang semakin merajalela di dunia ini.

Bagikan Komentar Kamu!