Dikuatkan Melalui Penderitaan

Info

Jumat, 19 April 2013

Dikuatkan Melalui Penderitaan

Baca: 1 Petrus 5:1-11

Dan Allah, sumber segala kasih karunia, . . . menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. —1 Petrus 5:10

Suatu ibadah gereja sering diakhiri dengan doa berkat. Doa berkat yang umum diucapkan terambil dari pesan penutup Petrus dalam suratnya yang pertama: “Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya” (1Ptr. 5:10). Terkadang frasa “sesudah kamu menderita seketika lamanya” dihilangkan dari doa berkat tersebut. Mengapa? Mungkin karena berbicara mengenai penderitaan tidak terlalu menyenangkan.

Namun seharusnya kita tidak terkejut ketika penderitaan datang menerpa kita. Rasul Paulus, yang tahu benar apa artinya menderita, menulis: “Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya” (2Tim. 3:12).

Jika kita hidup tunduk kepada Allah (1Ptr. 5:6) dan melawan si Iblis (ay.9), tidaklah mengherankan apabila kita dicemooh, disalahpahami, dan bahkan dimanfaatkan. Namun Rasul Petrus berkata bahwa penderitaan itu mengandung suatu maksud. Penderitaan dimaksudkan untuk “melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu” (ay.10).

Tuntunan Allah bagi pertumbuhan iman kita sering kali mengharuskan kita untuk melalui berbagai kesulitan. Namun semuanya itu mengokohkan kita untuk menghadapi berbagai badai hidup di masa yang akan datang. Kiranya Allah menolong kita agar tetap setia seiring dengan usaha kita untuk sungguh-sungguh hidup memuliakan nama-Nya. —CPH

Ya Tuhan, kiranya aku kelak
Tak gentar diterpa aniaya;
Karena janji-Mu bahwa yang setia
Akan diberi mahkota kemenangan. —Bosch

Ketika Allah hendak menguatkan kita, Dia mendidik kita melalui kesulitan.

facebooktwittergoogle_plus

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

4 Komentar Kamu

  • proses yang Tuhan kerjakan bagi hidup kita , pada intinya … percaya saja pasti untuk kebaikan dan pertumbuhan kita juga :) thanks warungsatekamu.org yang terus memberkati hari – hari kami !

    God bless you all

  • Iman dan karakter kita dikuatkan melalui pencobaan dan penderitaan, namun pencobaan dan penderitaan itu semua bersifat sementara dan akan selalu ada jalan keluarnya bila kita menyerahkan hidup kita dan memohon kepada Allah untuk menemukan jalan keluarnya, yg terpenting dan terabadi dr semuanya adlh kasih setia-Nya yg bgitu besar dan tdk bisa diukur oleh apa pun juga. Gb us all.

  • “Saya mau ikut Yesus, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya, meskipun saya susah menderita dalam dunia, saya mau ikut Yesus sampai s’lama-lamanya”
    Saya diberkati melalui FT, renungan, dan lagu ini.

    Kiranya kita hidup untuk mengikuti-Nya baik di dalam suka maupun duka sebab DIA selalu ada, menopang, menguatkan, dan meneguhkan kita :D

  • Dasyat Tuhan Immanuel. Amin

Bagikan Komentar Kamu!