Bersyukur Atas Interupsi

Senin, 9 Januari 2012

Baca: Mazmur 33:10-15

Tuhan . . . meniadakan rancangan suku-suku bangsa; tetapi rencana Tuhan tetap selama-lamanya. —Mazmur 33:10-11

Saya menjalani hidup saya dengan perencanaan yang cukup baik. Saya mempunyai kalender yang mengingatkan saya tentang semua janji, rapat, dan hal-hal lain yang harus saya kerjakan. Namun tak dapat dihindari, interupsi demi interupsi mengubah drastis rencana saya; dan meski dapat membuat frustrasi, interupsi tersebut ternyata juga dapat bermanfaat.

Sejumlah kemajuan besar dalam rencanarencana Allah telah tercapai melalui “interupsi” terhadap keadaan yang rutin dan normal. Contohnya Maria. Seorang malaikat menginterupsi hidupnya dengan suatu pemberitahuan bahwa ia akan mempunyai seorang putra bernama Yesus. Karena ia masih perawan dan telah bertunangan, berita ini pastilah mengagetkan dan sangat mengusik hatinya (Luk. 1:26-31). Dan Saulus, seorang zelot Yahudi yang menyiksa jemaat Kristen mula-mula, sedang dalam perjalanan menuju Damaskus untuk menangkap lebih banyak pengikut “Jalan Tuhan” ketika ia dibutakan oleh Yesus sendiri (Kis. 9:1-9). Interupsi yang mengubah hidupnya ini membawa implikasi yang sangat besar bagi masa depan iman Kristen.

Pemazmur mengingatkan kita bahwa Tuhan dapat “meniadakan rancangan suku-suku bangsa” (Mzm. 33:10). Namun, terlalu sering kita menanggapi interupsi terhadap kehidupan kita yang tertata rapi itu dengan sikap frustrasi, jengkel, takut, dan ragu-ragu. Kejutan-kejutan yang Allah berikan dalam hidup kita dipenuhi dengan kesempatan. Marilah kita menyambut kejutan-kejutan tersebut sebagai daftar tugas yang baru dari Allah. —JMS

Tuhan, bila aku merasa tergesa-gesa hari ini,
Aku perlu mata-Mu untuk menolongku melihat
Bahwa ketika gangguan datang mengusik,
Itu adalah suatu kesempatan. —Sper

Carilah maksud Allah di balik interupsi yang Anda alami.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Setiap kejadian harus kita sikapi secara positif, karena siapa tahu itu ada rancangan Tuhan yang terbaik untuk kita ^^

  2. Meri
    Meri says:

    Terkadang kita tidak mengerti rencanaNya dari awal ketika Dia bertindak. Mari bersama-sama belajar menerima rancanganNya buat kita.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *