Berbuat Baik

Senin, 1 Agustus 2011

Baca: Lukas 6:27-36

Yesus dari Nazaret: . . . berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang dikuasi iblis, sebab Allah menyertai Dia. —Kisah Para Rasul 10:38

Seseorang pernah berkata, “Kebaikan yang kau lakukan hari ini akan dilupakan keesokan harinya. Namun, tetaplah berbuat baik.” Saya suka pernyataan tersebut karena ini menjadi suatu pengingat yang baik. Dalam kitab Kisah Para Rasul, Lukas menyimpulkan pelayanan Yesus selama hidup-Nya dengan menuliskan bahwa Dia “berjalan berkeliling sambil berbuat baik” (10:38).

Apakah maksud Alkitab ketika meminta kita untuk “berbuat baik”? Yesus berbuat baik dengan cara mengajar, menyembuhkan, memberi makan, dan menghibur banyak orang. Dengan menjadikan Yesus sebagai teladan yang sempurna, para pengikut-Nya dipanggil untuk memenuhi kebutuhan sesamanya, termasuk kebutuhan orang-orang yang membenci mereka: “Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu” (Mat. 5:44; lih. Luk. 6:27-35). Mereka harus melayani musuh mereka tanpa pamrih.

Selain itu, ketika kesempatan datang, para pengikut-Nya harus berbuat baik, terutama kepada sesama orang beriman (Gal. 6:10). Mereka tidak boleh membiarkan penganiayaan, keegoisan, dan kesibukan membuat mereka lupa untuk berbuat baik dan mengulurkan tangan berbagi dengan sesamanya (Ibr. 13:16).

Untuk menjadi serupa dengan Juruselamat kita dan para pengikut-Nya yang mula-mula, kita harus bertanya kepada diri kita setiap hari: “Perbuatan baik apakah yang dapat kulakukan hari ini dalam nama Yesus?” Dengan berbuat baik, kita memberikan persembahan yang berkenan kepada Allah (Ibr. 13:16) dan yang menarik orang untuk datang kepada-Nya (Mat. 5:16). —MLW

Belajar dari teladan Yesus,
Yang senantiasa berbuat baik,
Mari muliakan Juruselamat kita
Rela mengulurkan tangan di mana pun. —Hess

Teladanilah Yesus—berbuat baik di mana pun.

Bagikan Konten Ini
11 replies
  1. yefta
    yefta says:

    Ku mau serupa Hu, Yesus yang mulia,
    inilah doa dan harapan,
    ku mau sampahkan kekayaanku,
    untuk dapatkan Yesus Kristus,
    Yesus ku rindu serupa Dikau,
    Yesus yang mulia s’rupa Dikau,
    s’rupa manis-Mu s’rupa setia-Mu,
    dalam hatiku, s’rupa Dikau

  2. Eka cihombienk
    Eka cihombienk says:

    Berbuat baik bukan utk mendapatkan pujian,tp mendapatkan mahkota kehidupan surgawi.

  3. stephanie
    stephanie says:

    berbuat baik dimanapun kapanpun dengan tulus ikhlas, tanpa mengharapkan balasan setimpal

  4. Cipto Hartanto
    Cipto Hartanto says:

    saya ingat perkataan.. ‘tindakan berkata lebih keras daripada perkataan’.. saya ingin belajar tetap menjadi terang dalam pergaulan saya agar nama Tuhan tetap dipermuliakan.. sekalipun berat, tp marik kita tetap berjuang untuk menjaga terang itu.. 🙂 He is so good! 🙂 GBU all..

  5. lala
    lala says:

    paling susah kalo berbuat baik kepada orng yang menyusahkan kita, tp berbuatlah sesuatu untuk Tuhan bukan manusianya. Kol 3:23

  6. Melly T Agung
    Melly T Agung says:

    Paaaaaaling susah berbuat baik saat kita disakiti & di kecewakan oleh orang yg paaaaaaling kita kasihi….saat itulah aku baru mengerti, membalas kebaikan dengan kebaikan itu biasa,…nah ini, membalas kejahatan org dengan kebaikan kita itu ternyata luaaaaaar biiiiasa….ada damai sejahtera karna Tuhan Jesus turut bekerja….Thanks Lord, Jesus..Gbu all….smileee…Amin.:)

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *