Daftar Kekhawatiran

Kamis, 1 Juli 2010

Baca: Matius 6:25-34

Janganlah kuatir akan hari esok. —Matius 6:34

Saya mengkhawatirkan beberapa hal ketika saya sedang duduk di dalam mobil di bawah kerindangan pohon pada waktu makan siang. Lalu, seekor burung murai, dengan cacing gemuk yang menggeliat-geliat di paruhnya, hinggap di dekat jendela mobil dan memandang saya. Murai ini menjadi pengingat yang nyata untuk saya tentang perkataan Yesus di Matius 6:25-26, “Janganlah kuatir akan hidupmu . . . Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?”

Beberapa tahun lalu, di sebuah artikel  majalah Focal Point terbitan Denver Seminary, Paul Borden memberikan beberapa saran yang berguna untuk mereka yang sering khawatir:

  • Buatlah daftar kekhawatiran. Tuliskan apa  saja yang Anda khawatirkan. Tagihan, pekerjaan, anak-anak atau para cucu, kesehatan, masa depan Anda.
  • Ubahlah daftar kekhawatiran Anda menjadi daftar doa. Mintalah Tuhan bekerja dalam situasi yang Anda pergumulkan. Berdoalah secara khusus untuk segala kebutuhan Anda dan bersandarlah kepada-Nya.
  • Ubahlah daftar doa Anda menjadi daftar tindakan. Jika Anda mempunyai wasasan bahwa ada sesuatu yang dapat Anda lakukan sehubungan dengan masalah Anda, lakukanlah. Ketika kita mengubah kekhawatiran kita menjadi doa dan tindakan, Borden mengatakan, “Kekhawatiran yang melumpuhkan dapat digantikan dengan kepedulian terhadap tanggung jawab kehidupan.”

Mengapa tidak segera membuat daftar kita sekarang? —AMC

Jangan resahkan masa depan
Atau dikuasai oleh banyak kebutuhan;
Alih-alih serahkan semua kekhawatiran
Dan ubahlah kekhawatiran itu menjadi doa. —Sper

Hal yang kita doakan seharusnya merupakan hal yang kita perlukan.

Bagikan Konten Ini
4 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Hal yang dikhawatirkan agar didoakan, lalu kita meresponnya sebagai tanggung jawab yang diberikan Bapa di sorga 🙂

  2. mimi marbun
    mimi marbun says:

    semangat. semangat. semangat. have a super nice day. dont worry Jesus with us. =)

  3. putra
    putra says:

    kita masih diberi kesempatan hidup sampai hari ini.anugrah yang amat besar.jadi,buat ap kita khawatirkan?..:-)

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *